Ekonomi

Jumlah Wisatawan Asing ke Sumsel Ditargetkan Naik 15 Persen

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Wisatawan mancanegara (wisman) ke Provinsi Sumatera Selatan ditargetkan bisa mencapai 7.500 orang sepanjang 2019. Jumlah target kunjungan wisatawan asing ini meningkat hingga 15 persen dibanding tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal, mengatakan pada 2018 lalu, wisatawan asing yang berkunjung ke wilayahnya ini mencapai 6.000 orang. Maka dari itu, pihaknya menargetkan pada tahun ini wisman yang datang ke Sumsel mencapai 7.500 orang.

“Ya, kita berharap dapat meningkat minimal 10 hingga 15 persen, artinya sekitar 7.500 wisatawan asing yang berkunjung dibanding tahun lalu. Kalau dari Januari hingga saat ini, wisman yang berkunjung ke Sumsel sudah 4 ribu orang,” ujar dia di Palembang, Kamis (22/8).

Dia menjelaskan, untuk itulah pihaknya terus menggenjot jumlah wisatawan asing yang akan berkunjung ke Sumsel. Menurut dia, salah satu caranya yakni dengan mengadakan event-event olahraga berskala internasional yang diadakan di komplek Jakabaring Sport City (JSC), Palembang.

Apalagi, kata Aufa, dengan dinyatakan Sumsel sebagai Sport Tourism Destination, Pemerintah Provinsi Sumsel bakal memanfaatkan secara maksimal event olahraga berskala regional, nasional hingga ternasional.

“Adanya berbagai event olahraga internasional yang diadakan di Sumsel secara siginifikan telah mendongkrak arus kunjungan wisman. Ke depan akan ada event Bowling Word Cup yang akan diikuti oleh 90 negara. Itu yang akan kita manfaatkan untuk menarik wisman untuk datang ke Sumsel,” ucap dia.

Bukan hanya event olahraga berskala internasional, pihaknya juga mengandalkan tempat destinasi wisata lainnya, seperti jembatan Ampera, Pulau Kemaro, Gunung Dempo, Taman Bukit Siguntang, Al-Qur’an Raksasa Al Akbar, Taman Bukit Siguntang, Kampung Kapitan, dan Kampung Arab Al Munawwar.

“Kami terus melakukan promosi baik dalam negeri maupun ke luar negeri dan serta berpartisipasi pada event-event exhibition di luar negeri sesuai dengan pangsa pasar kita karena kedatangan wisman berdampak pada peningkatan perekonomian dan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” tutur dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close