Ekonomi Kreatif

Kain Jumputan Khas Muba Dipamerkan di Inacraft 2019

Oleh: Noverta

wartamelayu.com, Palembang– Kain Jumputan khas Musi Banyuasin (Muba) dipamerkan pada di Inacraft 2019.

Kain Jumputan khas Muba yang disebut dengan Gambo ini, terbuat dari Getah Gambir yang masih banyak tumbuh di Desa Babat Toman Muba

Ketua Dekranasda Kabupaten Muba, Thia Yufada Dodi Reza mengatakan, ikut sertanya Muba dalam pameran ini bukan hanya memperkenal kain Gambo yang berasal dari tanaman getah Gambir yang sekarang sudah mulai langka. Tetapi juga lebih memperkenalkan program go green di Muba.

“Pameran Inacraft kali ini kita memperkenalkan kain jumputan khas Kabupaten Muba yaitu, “Gambo Muba”, dengan pewarnaan alami, sekaligus mengkampanyekan komitmen go green dan mengencarkan produk kearifan lokal asli Kabupaten Muba, “ujar Thia Yufada.

Mantan penyiar Metro TV ini menjelaskan, Getah gambir Muba ini merupakan getah terbaik yang ada, jadi hasil olahan pewarna kain jumputan Gambo Muba ini memang menjadi buruan pecinta fashion, dan Gambo Muba ini menggunakan pewarna alami jadi aman untuk kesehatan kulit.

“Saat ini sudah banyak inovasi Gambo Muba yang dibuatkan beberapa produk yang tidak hanya fashion kain jumputan dan jaket boomber tapi sekarang sudah ada tas, payung, dan pernak-pernik untuk souvenir yakni kain jumputan yang didesain menjadi seperti hewan gajah. Nah, inovasi-inovasi produk gambo Muba ini akan terus ditambah ke depannya,” ungkap Thia.

Thia juga menyampaikan bahwa Gambo Muba memang belum terkenal di tanah air yang masih kalah dengan batik, tetapi Gambo sudah banyak digemari di luar negeri seperti Australia, Inggris dan Belgia.

“Sekarang kesempatan kita untuk lebih memperkenalkan lagi di dalam negeri, dan pengunjung bisa pesan langsung di Inacraft 2019 ini,” kelas Thia berpromosi.
Sebagaimana diketahui Inacraft 2019 ini menjadi ajang pameran terbesar di tanah air, diikuti lebih kurang 1700 pengrajin dari dari dalam dan luar negeri. (NS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close