Nusantara

Kebakaran Gunung Ciremai tak Kunjung Padam

Oleh: Eko P

Wartamelayu.com, Jakarta –  Kawasan Puncak Gunung Ciremai yang berada di wilayah Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, kembali terbakar pada Kamis (5/9) sekitar jam 16.30 WIB. Hingga saat ini api belum dapat dikendalikan karena wilayah yang terbakar susah dicapai.

“Kami masih memantau kepulan asap yang terjadi di Puncak Ciremai,” kata Humas Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan Agus Yudantara di Kuningan, Jumat (6/9).

Menurut Agus, kebakaran itu terpantau pada hari Kamis (5/9) sekitar jam 16.30. Di mana kepulan asap terlihat dan masih ditempat yang seperti kejadian kebakaran pada bulan lalu.

Dengan kejadian ini kata Agus, pihaknya akan terus memantau dan berkoordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan pemadaman, apabila terus membesar.

“Ini (kebakaran) sambungan yang kemarin dan kami masih memantau, namun asap mulai mengecil,” tuturnya.

Kebakaran bulan Agustus yang terjadi di puncak Gunung Ciremai kurang lebih menghanguskan seluas 343 hektare habitat edelweis.

Agus mengatakan lahan yang terbakar merupakan habitat edelweis yang berada pada ketinggian 2.600 sampai 3.078 MDPL. Dia menambahkan untuk jakur pendakian Gunung Ciremai juga belum dibuka untuk umum setelah terjadi kebakaran kemarin.

“Sampai saat ini pendakian belum dibuka, apalagi sekarang terdapat kepulan asap,” katanya.

Pihak Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) juga secara resmi mengeluarkan pengumuman penutupan sementara untuk semua jalur pendakian akibat kebakaran itu. Surat PG.18/T.33/TU/KSA/8/2019 tentang penutupan jalur pendakian Taman Nasional Gunung Ciremai dikeluarkan awal bulan lalu.

“Sehubungan dengan peristiwa kebakaran hutan di sekitar Blok Goa Walet pada Rabu, 7 Agustus 2019 pada pukul 13.00 WIB, dengan ini Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) menutup kegiatan pendakian untuk umum pada empat jalur pendakian Gunung Ciremai,”

Keempat jalur yang dimaksud adalah jalur dari Kabupaten Majalengka, Apuy, Palutungan, Linggajati, dan Kabupaten Kuningan jalur Linggasana. Penutupan dilakukan mulai tanggal 7 Agustus 2019 sampai dengan batas waktu yang belum ditentukan. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close