Nusantara

Kebakaran Lahan di TNGC Meluas Hingga 75 Hektare

Oleh: Eko P

Wartamelayu.com, Jakarta – Kebakaran yang melanda kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai (TNGC) Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, semakin meluas dan lahan yang terbakar sudah mencapai kurang lebih 75 hektare.

“Data terakhir yang masuk sudah ada kurang lebih 75 hektare lahan terbakar,” kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Agus Mauludin di Kuningan, Selasa (29/1).

Agus mengatakan kebakaran kawasan TNGC tepatnya di Blok Sigiribig, Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan.

Saat ini tim BPBD dibantu dengan personel lainnya sedang melakukan upaya pemadaman secara manual yaitu membuat sekat bakar.

“Kita terus upaya padamkan titik-titik api yang masih menyala dengan menerjunkan 126 personel dan juga membuat sekat bakar,” ujarnya.

Agus menambahkan kendala yang dialami oleh tim pemadam di antaranya angin bertiup cukup kencang, tumbuhan mudah terbakar dan juga kesulitan komunikasi.

Kebakaran kawasan TNGC di Blok Sigiribig terjadi pada Senin (28/10) sekitar jam 10.34 WIB dan sampai sekarang api belum dapat dikendalikan.

“Kebakaran terjadi kemarin, ini merupakan kejadian yang kesekian kalinya pada musim kemarau tahun ini,” katanya.

Staf Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kuningan Yayat Sudrajat menjelaskan titik api menyebar ke beberapa lokasi. Diperkirakan luas lahan yang terbakar bisa mencapai sekitar 100 hektare..

“Angka pastinya kurang tahu. Kemungkinan hingga 100 hektare,” katanya.

Selain tiupan angin yang kencang di sisi lain, lokasi yang terjal dan sulit dijangkau membuat pemadaman menjadi susah. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close