Nusantara

Kebakaran Lahan Gambut Melanda Dua Desa di Sumsel

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Kebakaran lahan di Provinsi Sumatera Selatan kembali terjadi hari ini (15/7). Sedikitnya ada dua desa di wilayah ini yang dilanda kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumsel, masing-masing daerah yang terdampak kebakaran lahan gambut terjadi di Desa Tempirai Selatan, Kecamatan Penukal Utara, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan di Desa Tanjung Baru, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir (OI).

Baca Juga

Tebalnya Gambut Sulitkan Pemadaman Kebakaran Lahan Puluhan Hektare di PALI

Kebakaran Lahan Gambut di Sumsel Makin Meluas

Kabid Penanganan Kedaruratan BPBD Provinsi Sumsel, Ansori, mengatakan hari ini pihaknya mendapatkan laporan bahwa kembali terjadi kebakaran lahan di dua desa.

“Untuk di PALI luas lahan milik masyarakat yang terbakar kurang lebih 2 hektare. Sementara di wilayah OI lahan yang terbakar kurang lebih 0,5 hektare,” ujar Ansori di Palembang.

Dia menjelaskan, kebakaran di wilayah PALI ini dapat dikendalikan setelah BPBD setempat, TNI, dan Tim PT Laras Karya Kahuripan (LKK) melakukan pemadaman lahan secara bersama-sama. Mereka memadamkan api menggunakan satu unit mesin pompa air.

“Awalnya tim terpadu Karhutla bersama BPBD melihat adanya asap dari kejauhan. Mengetahui itu, tim bergerak ke lokasi titik api. Sementara untuk penyebab saat ini belum diketahui,” ucap dia.

Ia mengatakan, sedangkan kebakaran di wilayah OI diketahui ketika BPBD Kabupaten Ogan Ilir mendapatkan informasi dari patroli Babinsa kodim 0402 jika terdapat titik api di lokasi.

“Kebakaran lahan milik masyarakat di wilayah ini (Desa Tanjung Baru) dapat dikendalikan oleh petugas BPBD Ogan Ilir, Babinsa kodim 0402, Polres Ogan Ilir, dan masyarakat sekitar,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close