Nusantara

Kebakaran Lahan Muncul Lagi, Enam Helikopter Pengebom Air Dikerahkan

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali muncul di wilayah Sumatera Selatan pada Jumat (8/11). Untuk memadamkan kebakaran lahan di wilayah itu, enam helikopter water bombing atau pengebom air pun langsung dikerahkan.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan, Ansori, mengatakan, tim udara menggunakan 6 helikopter pengebom air telah diterjunkan untuk memadamkan beberapa wilayah yang kembali muncul titik api.

Ia menjelaskan, helikopter itu difokuskan di wilayah Ogan Komering Ilir (OKI) untuk melakukan pemadaman melalui udara. Kemudian, kata dia, pesawat Teknonologi Modifikasi Cuaca (TMC) pun sudah standby bila diperlukan nantinya.

“Saat ini water bombing ada 6 yang disebar di wilayah Sumatera Selatan. Dua helikopter ke wilayah Cinta Jaya di Kabupaten OKI, dua helikopter ke Kayuagung, dan dua lagi ke Ulak Kapal,” ujar Ansori di Palembang.

Dia mengungkapkan, beberapa kabupaten masih menjadi penyumbang asap yang bergerak terbawa angin ke Kota Palembang. Dia menyebut, hingga siang tadi berdasarkan data satelit Lapan tercatat ada sekitar 394 titik api di wilayahnya.

Ia pun menambahkan, rata-rata wilayah yang terbakar berada di wilayah OKI. Dia mengatakan, memang di wilayah itu memiliki kedalaman gambut dalam yang sulit dijangkau oleh satuan petugas (satgas) kebakaran hutan dan lahan darat.

“Pastinya kita terus berupaya, tidak sedikit pun berhenti untuk memadamkan api. Kondisi lahan yang kering, lalu sumber air kurang, serta tiupan angin yang kencang menjadi penyebab kembali terjadi fire spot (titik api),” ujarn Ansori. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close