NusantaraRamadhan Kita

Kecelakaan di Sumsel Selama Arus Mudik Telan 9 Korban Jiwa

Oleh: Alwi Alim

Wartamelayu.com, Palembang — Kepolisian Daerah (Polda) Sumsel melakukan analisis dan evaluasi (Anev) terhadap arus mudik selama Lebaran 2019 di Mapolda Sumsel, Kamis (13/6). Dalam anev tersebut diketahui arus mudik di Sumsel menelan korban jiwa sebanyak 9 orang dari 17 kasus kecelakaan di Sumsel.

Dirlantas Polda Sumsel, Kombes Pol Dwi Asmoro mengatakan kecelakaan yang terjadi tersebut menurun dibandingkan kecelakaan tahun lalu yang menyebabkan 15 korban jiwa.

Ia menjelaskan, penyebabnya yakni akibat pelanggaran lalulintas, kondisi kendaraan yang tidak siap, kondisi pengendara yang mengantuk dan lain sebagainya.

“Untuk total kerugian akibat kecelakaan yakni sebesar Rp 122 juta,” katanya saat ditemui di Polda Sumsel, Kamis (13/6).

Menurutnya, menurunnya angka korban jiwa akibat kecelakaan ini dikarenakan para pemudik menggunakan jalur tol fungsional dari Simpang Pematang Panggang – Kayuagung – Palembang. Sehingga, kepadatan di jalur lintas pun berkurang.

Selama arus mudik, pihaknya juga melakukan pemantauan disejumlah titik kemacetan. Dari pantauan tersebut, titik macet yang terjadi berada di beberapa wilayah seperti Pasar Indralaya, Palembang, Betung dan Musi Banyuasin (Muba).

“Kemacetan ini terjadi pada H+1 hingga H+3 lebaran Idul Fitri,” ucapnya.

Sementara itu, Kapolda Sumsel, Irjen Pol Zulkarnain Adinegara menambahkan, keberadaan tol sangat membantu. Meskipun, masih dala fungsional. Sehingga, arus lalulintas di jalan lintas pun berkurang.

Selain itu, kata dia, dengan keberadaan tol fungsional ini juga memotong waktu tempuh perjalanan dari Lampung ke Palembang atau pun sebaliknya.

“Selama ini waktu tempuhnya itu mencapai 13 jam, tapi dengan tol hanya sekitar 4 jam,” ujarnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close