NewsNusantara

Kemarau Tahun Ini Diprediksi Tanpa Hujan Sama Sekali

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Stasiun Klimatologi Kelas I Kenten Palembang memprediksi bahwa kondisi kemarau tahun 2019 di Sumatera Selatan (Sumsel) bakal lebih kering dibanding tahun lalu. Bukan itu saja, kemungkinan juga saat musim kemarau nanti tanpa hujan.

“Kemarau tahun ini, kemungkinan tanpa hujan sama sekali. Jadi kondisinya memang lebih kering dari tahun lalu,” ujar Kepala Stasiun Klimatologi Kelas I Kenten Palembang, Nuga Putrantijo di Palembang, Rabu (3/7).

Baca Juga

Dua Minggu, Terjadi Empat Kali Kebakaran Hutan di Sumsel

Musim Kemarau di Sumsel Diprediksi Mulai Agustus

Dia menjelaskan, kondisi kekeringan sudah terjadi sejak dasarian keempat Juni. Menurutnya sejumlah wilayah sudah mengalami hari tanpa hujan mulai dari 20-60 hari.

Kebanyakan, lanjut dia, kondisi itu terjadi di bagian tengah wilayah Provinsi Sumsel, seperti di Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Muara Enim, Ogan Komering Ilir (OKI), dan Ogan Ilir (OI). “Sebagian OKU Selatan dan OKU Timur juga sudah ada yang mengalami kekeringan,” ucap dia.

Sementara itu, Kabid Penanggulangan Penanganan Kedaruratan Badan Penanganan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Ansori, mengatakan berdasarkan prediksi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), puncak kemarau 2019 akan terjadi mulai Agustus.

“Musim kemarau di Sumsel, dari prediksi BMKG akan terjadi di Agustus dan September mendatang,” ujar Ansori.

Dengan presiksi tersebut, jumlah titik panas di Sumsel diprediksi bakal mengalami peningkatan di bulan berikutnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close