Nasional

Kemenhub Klaim Angka Kecelakaan Pemudik Tahun Ini Berkurang

Oleh: Suandri Ansah

Wartamelayu.com, Jakarta — Berdasarkan data sementara Kakorlantas hingga H-3 kemarin, jumlah kecelakaan lalu lintas angkutan lebaran 2019 sejak H-7 menurun sampai 51% dibandingkan tahun sebelumnya pada periode yang sama. Sementara pada tahun lalu, jumlah kecelakaan mencapai 703 kejadian, sedangkan di tahun ini terhitung 284 dengan rincian korban meninggal 61 orang, luka berat 42 orang dan luka ringan 42 orang.

Namun demikian, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta pengendara, penyeleggara dan penyedia fasilitas mudik tetap waspada. “Karena masih ada lagi hari rekreasi setelah kegiatan lebaran. Apalagi akan banyak bus-bus di area tempat wisata” ujar Menhub di Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2019, Jakarta, Senin (3/6).

Karenanya, Budi meminta Kepolisian di daerah sekitar tempat wisata untuk melakukan penyusuran terhadap bus yang tidak melakukan ramp check. Hal tersebut guna menjaga keselamatan dan keamanan penumpang.

“Saya mengimbau penumpang jangan menggunakan bus yang tidak laik dan tidak melakukan ramp check,” katanya. Budi juga memerintahkan kepada Dinas Perhubungan dan Kapolres setempat untuk juga menyusur jalur alternatif yang biasa dilalui oleh bus-bus yang tidak melakukan ramp check.

Pasalnya bus tersebut kecenderungan melawati jalur yang tidak semestinya. “Kami meminta tolong dari Dinas Perhubungan dan Kapolres untuk memetakan jalur-jalur dilakukan oleh para bus tersebut, karena bus tersebut biasanya mencari jalur yang bukan merupakan jalan semestinya,” tutur Menhub.

Sementara, menjelang hari lebaran, PT Jasa Marga mencatat total 926.852 kendaraan meninggalkan Jakarta menuju arah Timur, arah Barat dan arah Selatan sampai H-3 kemarin. Angka ini naik sebesar 34% dari lalu lintas harian rata-rata (LHR) normal sebesar 689.712 kendaraan.

Dengan jumlah lalu lintas untuk lima hari ini, maka telah memenuhi 71% dari prediksi volume lalu lintas yang akan meninggalkan Jakarta menuju ketiga arah (lebih dari 1 juta kendaraan) sejak H-7 s.d. H-1 Lebaran 2019, sehingga terdapat sisa 29% atau sebanyak 369 ribu kendaraan yang masih belum melakukan perjalanan mudik. (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close