EkonomiNasional

Kemenkeu Gelontorkan Rp 20 Triliun untuk Bayar THR ASN

 

Oleh: Andryanto S

Wartamelayu.com, Jakarta — Kementerian Keuangan atau Kemenkeu telah menggelontorkan dana senilai Rp 20 triliun untuk membayar Tunjangan Hari Raya (THR) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) pada tahun ini.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan bahwa pencairan THR bagi ASN akan dibayarkan Kementerian Keuangan pada 24 Mei 2019. Anggarannya pun telah disiapkannya sejumlah Rp 20 triliun.

Menurut Menkeu, anggaran yang digelontorkan Kementerian Keuangan untuk membayar THR ASN tersebut mengalami kenaikan dibanding tahun lalu untuk mengimbangi kebijakan kenaikan gaji ASN sebesar lima persen pada tahun ini.

“Untuk anggarannya, total Rp 20 triliun untuk THR. Jadi, THR tanggal 24 (Mei) Insya Allah sudah bisa akan kita laksanakan, sesuai dengan proses yang sekarang ini sudah berjalan,” katanya di Jakarta, Rabu (8/5).

Menkeu juga memastikan, Peraturan Menteri Keuangan (PMK) yang menjadi dasar hukum proses pencairan gaji tersebut akan dirampungkannya pada hari ini. Hal itu disebabkan Peraturan Pemerintah untuk pencairan THR tersebut baru ditandatangani Presiden Joko Widodo usai rapat terbatas pada awal Mei 2019.

“PP sudah ditandatangani Presiden, PMK kita selesaikan hari ini, sesudah itu seluruh kementerian lembaga dan daerah sudah bisa mulai melakukan proses untuk mengajukan,” ungkap dia.

Sebagai informasi, anggaran THR aparatur sipil Negara pada 2018 berjumlah Rp17,88 triliun yang terdiri dari gaji Rp5,24 triliun, tunjangan kinerja Rp5,79 triliun dan pensiun Rp6,85 triliun. Sementara itu, untuk besaran anggaran di 2019, Menurut Sri Mulyani, mencakup anggaran yang dibagikan untuk Gaji ke-13, sehingga tidak hanya THR.

“THR dan Gaji ke-13. Gaji ke-13, baru kita bayarkan pertengahan tahun, untuk membantu biaya sekolah untuk ASN,” ucap dia. (Rap/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close