Nusantara

Komisi IV DPR: Kepala Daerah Ujung Tombak Atasi Karhutla

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Anggota Komisi IV DPR RI, Rizki Aprilia, mengkritisi kepala daerah yang dinilai lambat dalam mengatasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Dia menyebut, fakta di lapangan pemerintah daerah dapat menjadi ujung tombak dalam pemadaman api sebelum membesar.

Hal itu disampaikan Rizki yang juga merupakan anggota DPR RI utusan Sumatera Selatan saat melakukan kunjungan kerja Komisi IV DPR RI di Palembang, Kamis (7/11). Menurut dia, kepala daerah baik bupati, wali kota, serta gubernur harus memperketat atau selektif terhadap izin lingkungan.

“Di samping itu, pemimpin daerah harus melakukan pengawasan, serta memberikan sanksi atau tindakan administratif bagi yang melanggar (pembakar lahan),” ujar dia.

Dia menjelaskan terkait prilaku perusahaan perkebunan dan masyarakat yang membuka lahan dengan cara membakar itu harus segera dicari solusinya. “Kita sama-sama mencari solusi terbaik bagaimana mencegah dan tidak mengulangi kesalahan itu (kebakaran hutan dan lahan) terulang lagi,” kata dia.

Ke depan, kata dia, Komisi IV DPR RI akan memperjuangkan alokasi anggaran untuk kabupaten dan kota yang sering terjadi kebakaran lahan. “Dengan begitu, deteksi titik api bisa diselesaikan di tingkat kabupaten dan kota. Selanjutnya, peralatan pemadam yang menjadi kebutuhan tim dilapangan. Sinergi pentahelix juga sangat penting yakni pemerintah, masyarakat, dunia usaha, media, dan akademisi,” tambah dia.

Sementara itu, Komisi IV DPR RI yang ketuai Hasan Amirudin, mengungkapkan persoalan karhutla di Sumatera Selatan itu nantinya akan dibawa ke pusat untuk dicarikan formula sehingga kasus kebakaran lahan di wilayah itu tidak terjadi lagi waktu mendatang.

“Kita (Komisi IV DPR RI) juga menampung aspirasi dari Pemerintah Provinsi Sumsel, TNI/Polri untuk mencari formula dalam mengatasi persoalan karhutla yang akan kita sampaikan kepada pemerintah pusat,” ucap Amirudin.

Terpisah, Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, mengatakan kedatangan anggota Komisi IV DPR RI ke wilayahnya khusus memantau perkembangan karhutla di Sumatera Selatan. Mengingat, kata dia, wilayahnya memiliki lahan gambut yang luas sehingga jika lahan terbakar sulit dipadamkan.

“Kami harap atas kehadiran Komisi IV DPR RI menjadi angin segar bagi Sumatera Selatan dengan harapan ke depan kebakaran hutan dan lahan tidak ada lagi terjadi,” tutur dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close