NewsPolitik

KPU Sumsel dan Empat Lawang Diputuskan Melanggar Administrasi Pemilu

Oleh: Alwi Alim

Wartamelayu.com, Palembang — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan KPU Empat Lawang diduga telah melakukan pelanggaran administrasi pemilu. Hal ini diketahui berdasarkan salinan putusan Bawaslu RI.

Dalam putusan dengan nomor: 21/LP/PL/ADM/RI/00.00/V/2019 disebutkan bahwa KPU Sumsel dan Empat Lawang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan pelanggaran adminitrasi pemilu.

Sehingga, Bawalu memerintahkan untuk mencocokan formulir Model C-1 Plano-DPR seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan formulir model DAA-1 DPR dan formulir model DA-1 DPR di lima kecamatan di Empat Lawang.

Putusan ini diberikan sesuai dengan laporan warga berinisial WA kepada Bawaslu RI dan putusan terssebut ditandatangani oleh lima majelis pemerikssaan dalam sidak terbuka di Bawaslu RI.

“Kami sudah tahu, tapi kami belum menerima salinannya,” kata Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana saat dikonfirmasi, Senin (17/6).

Rencananya, pihaknya akan ke Bawaslu untuk mengambil salinannya dan kemudian baru akan menindaklanjuti sesuai dengan intruksi Bawaslu RI.

Ia mengaku gugatan ini dilayangkan salah satu partai politik. Karena menduga terjadinya penggelembungan suara salah satu parpol untuk pemilihan DPR RI Dapil Sumsel II. Mengingat, adanya perbedaan antara DA-1 tingkat kecamatan yang sudah ditetapkan dengan DB1 saat rekapitulasi tingkat kabupaten di KPU Empat Lawang. Akibatnya, kursi parpol tersebut hilang.

“Untuk pencocokannya, kami akan bahas lagi dengan KPU Empat Lawang,” katanya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close