KesehatanLifestyle

Manfaat Kolagen Bagi Kesehatan dan Tubuh

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Wartamelayu.com, Jakarta — Selama ini mungki Anda sudah sering mendengar manfaat dari mengonsumsi kolagen. Banyak produk kecantikan yang mengklaim jika produk kolagen mereka dapat menjaga elastisitas kulit, sehingga membuat kulit senantiasa awet muda. Namun, benarkah demikian?

Sejatinya, tubuh manusia dapat menghasilkan kolagen. Namun, seiring bertambahnya usia, tubuh akan menghasilkan lebih sedikit kolagen, terutama saat memasuki usia 30an. Itu sebabnya, Anda membutuhkan asupan kolagen dari luar, seperti makanan dan mungkin suplemen. Kolagen sendiri tak hanya dapat menjaga kesehatan kulit, namun juga berfungsi sebagai nutrisi untuk meningkatkan kinerja tubuh, seperti otot, tendon, bahkan gigi.

Kandungan apa yang terdapat di dalam suplemen kolagen?

“Ada berbagai jenis kolagen. Beberapa berasal dari tulang dan kulit hewan, dan yang lainnya dari tulang rawan hewan,” Ujar Dr. Mark Moyad, Direktur pencegahan dan pengobatan alternatif dari University of Michigan,

Lebih jauh, penulis The Supplement Handbookini mengakui jika mengkonsumsi kolagen yang bersumber dari hewan, bisa membantu tubuh mengisi kebutuhan kolagen.

Moyad menjelaskan, ada banyak percobaan yang menunjukkan manfaat potensial dari asupan kolagen untuk segala hal mulai dari osteoartritis sampai perbaikan kulit.

Satu studi tahun 2008 dari Penn State University menemukan bahwa atlet yang selama enam bulan mengambil suplemen kolagen terhidrolisis (yaitu protein kolagen yang telah dipecah menjadi asam amino yang mudah dicerna), mengalami lebih sedikit nyeri sendi selama aktivitas dan saat istirahat.

Penelitian serupa telah menghubungkan suplemen kolagen dengan penurunan tingkat nyeri punggung atau nyeri lutut pada orang-orang dengan osteoartritis.

Namun, Moyad menekankan bahwa semua penelitian ini bersifat pendahuluan.

“Penelitian bisa dibilang lemah secara umum, yang berarti hanya menggunakan lingkup kecil, durasi singkat, atau belum direplikasi oleh percobaan lanjutan yang lebih besar.”

Lebih jauh, Moyad mengatakan bahwa gelatin yang berasal dari kolagen hewan (seperti kaldu tulang) bisa sama baiknya, atau mungkin lebih baik untuk persendian dan kulit layaknya suplemen paling mahal.

“Makanan yang bergizi dan gaya hidup yang baik adalah kunci utama untuk tampil awet muda, sedangkan suplemen hanya pendukung.”

Jika Anda ingin menambah kadar kolagen dalam tubuh, Moyad menyarankan agar mengonsumsi kolagen alami dari makanan, dan hindari gaya hidup yang berpotensi merusak kolagen. Dengan berhenti merokok, mnejaga kadar gula darah, lindungi kulit dari paparan sinar matahari, dan usahakan untuk menjaga berat badan, akan membantu tubuh untuk memproduksi kolagen. (*/Dry)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close