Nasional

Ma’ruf Tegaskan Tetap Ketua Umum MUI, Tapi…

Oleh: Azhar AP

Wartamelayu.com, Jakarta – Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024 KH Ma’ruf Amin menegaskan dirinya akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI). Namun, statusnya nonaktif sehingga di akhir periodenya nanti tetap menyampaikan laporan pertanggungjawaban.

“Oleh karena itu sepakat tetap, cuma karena tugas-tugas saya sebagai wakil presiden maka saya ketua umum nonaktif dulu,” ujar Ma’ruf, di kediamannya di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa malam (15/10).

Ma’ruf mengatakan keputusan tersebut diambil setelah dalam Rapat Kerja Nasional V MUI diputuskan bahwa organisasi mengamanatkan dirinya untuk menunaikan masa baktinya sebagai Ketua Umum periode 2015-2020.

Dia mengatakan akan tetap menjabat sebagai Ketua Umum MUI nonaktif hingga diselenggarakannya musyawarah nasional (munas) MUI pada 2020 mendatang. “Nanti di munas saya mempertanggungjawabkan sebagai ketua umum, sebagai mandataris munas,” katanya.

Dia menambahkan, keputusan untuk tetap menjabat sebagai Ketua Umum MUI hingga digelarnya munas pada 2020 tidak menyalahi aturan dalam Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga MUI.

Ma’ruf mengatakan, dia baru bisa dianggap menyalahi aturan bila jabatan sebagai ketua umum MUI diperoleh setelah dirinya dilantik sebagai wakil presiden RI.

“Nah kalau saya ini kan jadi ketua umum (dulu) baru menjabat (wakil presiden, Red), itu beda,” katanya. (Rap/Aza/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close