Pilpres 2019

Massa Aksi Berkumpul Dekat Patung Kuda Kawal Putusan MK

Oleh: Muhajir |

Wartamelayu.com, Jakarta – Mengawal putusan Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, massa aksi mulai berdatangan dan berkumpul di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Rencananya, MK akan membacakan putusannya hari ini mulai pukul 12.30 WIB.

Dari pantauan Indonesiainside.id, ratusan orang berkumpul di sekitar Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mayoritas massa membawa atribut, seperti bendera merah putih, juga spanduk yang berlukiskan ‘Kecurangan Bagian dari Demokrasi?’.

Sampai saat ini, pukul 09.56 WIB, massa masih asik bercengkerama. Beberapa di antara mereka juga ada yang duduk melingkar sambil melantunkan selawat serta doa agar diberikan pemimpin yang adil dan jujur.

Terkait hal ini, Kepolisian Daerah Metro Jaya telah menyiapkan rencana pengalihan arus kendaraan pada saat sidang putusan. Rencana awal pengalihan arus terutama mengantisipasi adanya aksi massa dan saat putusan sengketa pemilu yakni:

Baca Juga

BW Minta MK Harus Pertegas Kemuliaan Mahkamah

Massa Pendukung 02 Mulai Berdatangan di MK

Arus dari Jalan MH Thamrin menuju Jalan Medan Merdeka Barat dialihkan ke kiri maupun kanan ke Jalan Kebon Sirih. Arus dari Jalan Fachrudin menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Abdul Muis dan Jalan Abdul Muis yang akan menuju Jalan Budi Kemuliaan diluruskan ke Jalan Fachrudin.

Kemudian, arus dari Jalan Abdul Muis yang akan menuju ke Jalan Museum diluruskan ke Jalan Majapahit atau Jalan Fachrudin. Lalu arus dari Jalan Hayam Wuruk yang akan menuju Jalan Majapahit dialihkan ke Jalan Ir. H. Juanda.

Masyarakat yang melakukan aksi di depan Gedung MK. Foto : Muhajir

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Majapahit diluruskan ke Jalan Suryo Pranoto maupun ke kanan Jalan Hayam Wuruk.

Arus dari Jalan Veteran Raya yang akan menuju Jalan Veteran III diluruskan ke arah TL Harmoni. Lalu arus dari Jalan Medan Merdeka Timur yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Utara dibelokkan ke arah kanan Jalan Perwira.

Terakhir, arus lalu lintas dari Jalan M. Ridwan Rais yang akan menuju Jalan Medan Merdeka Selatan diluruskan ke Jalan Medan Merdeka Timur.

Selain itu, Kapolri Jenderal Tito Karnavian melarang aksi halalbihalal 212 yang rencananya akan digelar di depan Gedung MK saat sidang putusan hasil sengketa pilpres. Senada dengan Tito, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Harry Kurniawan mengatakan pihaknya telah melarang penyelenggaraan aksi demonstrasi di sekitar Gedung MK hari ini.

“Enggak ada. Kami dari Polres Jakarta Pusat tak keluarkan perizinan [demo],” kata Harry di sekitar Jalan Medan Merdeka Barat, hari ini.

Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat telah steril dari kendaraan bermotor pada kedua arahnya, baik dari arah Harmoni maupun Jalan MH. Thamrin, jelang sidang putusan akhir perselisihan hasil pemilu (PHPU) Pilpres 2019 yang digelar di MK. (RAP/EPJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close