Nusantara

Mawardi: Menteri Edhy Dukung Kembangkan Pulau Maspari

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Wakil Gubernur Sumatera Selatan Mawardi Yahya, menyebut bahwa Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo mendukung penuh rencana pembangunan Pulau Maspari sebagai pusat pengembangan kepariwisataan dan pengembangan pembenihan ikan dan udang.

“Di pulau itu nantinya akan dibuat pusat budidaya udang dan ikan laut yang telah mendapatkan dukungan penuh dari Kementerian Kelautan dan Perikanan,” ujar Mawardi di Palembang, Kamis (14/11) petang.

Dia menegaskan, bahwa keseriusan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk mengembangkan Pulau Maspari sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan pusat budidaya perikanan pun tidak main-main. Menurutnya, apalagi sejauh ini telah dilakukan pembahasan penyusunan masterplan Pulau Maspari.

“Kita yakin dengan pengembangan Pulau Maspari akan manjadi destinasi pariwisata baru di Sumatera Selatan. Apalagi ditunjang dengan fasilitas yang memadai,” tambah Mawardi.

Untuk kelancarkan proses penyusunan Masterplan Pulau Maspari itu, Mawardi meminta jajaran OPD terkait untuk memberikan kontribusinya terutama dalam pembangunan sarana akomodasi seperti cottage, gues house, serta beberapa bangunan pendukung lainnya. Termasuk, kata dia, di dalamnya peralatan dalam pengembangan bibit udang dan ikan laut yang diharapkan dapat menjadi salah satu komoditi unggulan warga sekitar dalam peningkatan perekonomian.

“Karena pulau itu masuk dalam kawasan terdepan berbatasan Sumatera Selatan dengan Provinsi Bangka Belitung dan Lampung. Pulau Maspari ini akan menjadi ikon yang sangat membanggakan bagi warga Sumatera Selatan dalam menyedot wisatawan lokal maupun manca negara,” kata dia.

Untuk diketahui, Pulau Maspari terletak di wilayah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan atau tepatnya di Desa Sungai Lumpur, Kecamatan Tulung Selapan. Berbagai biota hayati ada di pulau itu termasuk di antaranya keberadaan penyu. Para pengunjung pulau itu dapat melihat dari dekat bagaimana puluhan induk penyu bertelur dengan membuat lubang dibibir pantai yang berpasir.

Keberadaan pulau itu pun menguatkan fakta baru bahwa Sumatera Selatan punya pantai. Secara fisiografis bentang alam OKI merupakan dataran rendah dengan rawa-rawa sebagai unsur utamanya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close