Feature

Menikmati Wedang Uwuh Jogja di Pempek Nyonya

Oleh: Gusti Tama

Wartamelayu.com, Palembang-Orang-orang Yogyakarta atau Jogja yang ada di Palembang yang kangen dengan minuman khas daerah Jogja yaitu Wedang Uwuh, tidak perlu khawatir lagi. Pasalnya minuman tradisional yang sangat baik untuk kesehatan khas Jogja ini ada di Palembang.

Minuman yang sudah digandrungi oleh masyarakat Yogya ini, ternyata akan membawa sensasi berbeda jika dinikmati bersama dengan makanan khas Palembang, yaitu Pempek.

Tentunya akan terasa berbeda, dimana minuman hangat yang dipadukan dengan kenikmatan pempek dengan cuka yang pedas. Akan membawa kenikmatan tersendiri.

Wedang uwuh sendiri minuman yang kaya dengan rempah-rempah ini sudah lama dikenal sebagai minum kesehatan dan menghangatkan tubuh. Dan dikenal untuk mengatasi kelelahan serta mengatasi berbagai penyakit.

Daniel, owner Pempek Nyonya Lani adalah orang yang pertama kali membawa minuman ini ke Palembang. Ide ini muncul, karena dirinya pernah bersekolah di IKIP Yogyakarta dan tertarik mengembangkan bisnis minuman beraroma rempah ini di Palembang.

Para pengunjung tokonya, dapat nongkrong menikmati menu makanan yang tersedia dari khas Palembang hingga kemakanan modern seperti sandwich, spagethi namun ditemani minuman asli Indonesia Wedang Uwuh.

Menurutnya, minuman ini bukan hanya digemari orang Yogja saja namun juga warga kota-kota lain karena rasa yang khas, enak dan kaya akan khasiat. Karena sangat tinggi antioksidan, dapat untuk menghilangkan pegal, masuk angin bahkan juga bisa untuk kecantikan.

“Saya lihat, minuman ini diterima semua kalangan dan saya ingin semakin mempopulerkannya di Palembang,” kata Daniel.

Dituturkan Daniel awalnya ingin membuat minum sendiri, lalu saat teman-temannya berkunjung ke rumahnya dan disuguhi Wedang Uwuh, teman-temannya ketagihan.

“Mereka besoknya sering berkunjung ke rumah untuk menikmati minuman ini, katanya enak dan membuat pegal menjadi hilang,” jelas dia.

Akhirnya minuman buatannya mulai dikenal, hanya saja sebutanya orang Palembang bukan wedang melainkan jamu. Ia tidak terlalu mempermasalahkan nama minuman ini, yang terpenting ini adalah minuman sehat, karena terdiri dari komposisi Jahe, Daun Pala, Daun Cengkeh, Daun Kayu Manis, Kayu Secang dan Kapulaga. Untuk bahan Kayu Secang sendiri tergolong unik, karena biasanya digunakan untuk spa.

“Beberapa campuran inil membuat warna wedang menjadi merah, bau Jahe yang kuat memang membuat aroma jamu dan tidak manis. Tapi bagi yang suka manis, kami bisa tambahkan gula batu dan disarankan jangan terlalu manis, karena akan membuat wedang tidak segar,” katanya lagi.

Soal harga, minuman ini dijual ada yang dalam bentuk kering dengan harga Rp16 ribu per pack, sudah termasuk gula batu. Untuk yang kering bisa didapatkan di mall di Kota Palembang.

“Untuk yang langsung diminum juga ada, nanti kami akan hadir juga di pertengahan April, di foodcourt Nak Kemano, lantai dasar Mall PIM,” ungkap dia.(NS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close