Tekno

Meski Dilarang, Google dan Facebook Bandel Siarkan Iklan Politik

Oleh: Nurcholis

Wartamelayu.com, Moskow — Google pada Senin menyatakan perusahaan itu mendukung iklan politik yang bertanggung jawab dan mematuhi peraturan setempat.

Pernyataan dikeluarkan setelah Rusia menuduh perusahaan tersebut mengizinkan iklan semacam itu tersiar selama pemilihan regional sehari sebelumnya meskipun diminta menghapusnya.

Pengawas komunikasi negara Roskomnadzor mengatakan raksasa teknologi Google dan Facebook telah menyiarkan iklan politik selama pemungutan suara pada Ahad (8/9).

“Tindakan seperti itu dapat dilihat sebagai campur tangan dalam urusan kedaulatan Rusia dan menghambat pelaksanaan pemilihan umum yang demokratis di Federasi Rusia,” kata Pengawas Komunikasi Rusia, seperti diwartakan Reuters.

Google tak bersedia menjelaskan di dalam pernyataannya apakah perusahaan tersebut telah menyiarkan iklan semacam itu.

Sebelumnya, Roskomnadzor mengatakan hari Jumat yang meminta Facebook dan Google untuk melarang publikasi iklan politik selama Pemilu hari Ahad dan pada tanggal sebelumnya, hal itu dilakukan sejalan dengan hukum Rusia.

Rusia mengadakan pemilihan regional pada hari Ahad kemarin, termasuk di Moskow. Setelah pada pemilihannya mengesampingkan banyak kandidat oposisi, terjadi protes besar di ibu kota Rusia selama beberapa minggu terakhir. (RAP/CK/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close