Olahraga

Messi Jadi Pemain Terbaik FIFA 2019, tapi…

Oleh: Eko P

Wartamelayu.com, Jakarta – Mega bintang Argentina Lionel Messi sukses mencetak rekor dengan meraih gelar pemain terbaik FIFA tahun ini untuk yang keenam kalinya setelah menyisihkan pemain belakang Liverpool Virgil van Dijk dan pemenang lima kali Cristiano Ronaldo. Namun, raihan Messi ini ironis karena sang bintang malah terpuruk membawa negaranya maju di pentas sepakbola dunia.

Messi, mencetak 54 gol dalam 58 pertandingan di semua kompetisi. Bersama Barcelona ia memenangkan gelar juara La Liga Spanyol musim lalu serta meraih sepatu emas Eropa. Terakhir Messi memenangkan penghargaan itu pada 2015.

Namun demikian, Messi tidak pernah menikmati sukses bersama tim nasional Argentina setelah kalah di semifinal Copa America oleh rival Brazil.

Raihan Messi ini mengejutkan karena sebelumnya banyak yang lebih menjagokan Van Dijk setelah pemain Belanda ini memenangkan penghargaan pemain terbaik Eropa.

Van Dijk adalah bek tengah yang mengubah pertahanan Liverpool dalam perjalanan meraih juara Liga Champions.

Kemenangan Messi di gedung Opera La Scala di Milan ini juga menandai kembalinya dominasi pemain Argentina itu atas Ronaldo, dimana pemain lain di luar mereka yang telah memenangkan penghargaan itu hanya sekali saja sejak 2007.

Sementara itu kapten timnas AS Megan Rapinoe memenangkan penghargaan tertinggi di kategori putri setelah ia sukses membantu negaranya meraih gelar juara Piala Dunia tahun ini dalam turnamen yang dianggap sebagai tonggak penting bagi pengembangan sepak bola putri secara internasional.

“Saya kehilangan kata-kata,” katanya. “Ini adalah tahun yang luar biasa bagi sepak bola putri, bagi mereka yang hanya memperhatikan Anda agak terlambat ke pesta. Sangat luar biasa, untuk menjadi bagian dari Piala Dunia, antusiasme yang kami miliki sangat mengagumkan.”

Rapinoe, yang juga seorang aktivis di luar lapangan serta menolak mengunjungi Gedung Putih ketika AS telah sukses mempertahankan gelar dunia mereka, menyatakan para pemain harus menggunakan kesuksesan mereka untuk membantu orang lain.

“Saya meminta semua orang di sini, meminjamkan platform Anda untuk orang lain dan berbagi kesuksesan Anda. Kami memiliki kesempatan unik untuk menggunakan gim ini untuk benar-benar mengubah dunia menjadi lebih baik. Saya berharap Anda mengambil hati, melakukan sesuatu, kami memiliki kekuatan luar biasa dalam ruangan ini.”

Dia berhasil menyisihkan rekannya Alex Morgan dan Lucy Bronze asal Inggris.

Juergen Klopp dari Liverpool terpilih sebagai pelatih pria terbaik tahun ini sementara pelatih tim nasional AS Jill Ellis mendapatkan trofi pelatih wanita terbaik. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close