KesehatanLifestyle

Minuman yang Baik Dikonsumsi Setelah Olahraga

Oleh: Anisa Tri kusuma

Wartamelayu.com, Jakarta — Minuman isotonik? Mungkin beberapa dari Anda sudah familiar dengan produk-produk minuman isotonik di pasaran. Biasanya minuman ini dikonsumsi sesaat setelah beraktivitas atau berolahraga berat. Minuman isotonik dapat membantu tubuh menjaga keseimbangan elektrolit yang penting untuk aktivitas sehari-hari. Tapi, akan lebih aman jika bagi tubuh bila Anda mengonsumsi minuman yang alami. Dikutip dari Health, air kelapa mengandung elektrolit yang sama dengan elektrolit tubuh. Sehingga bisa merehidrasi tubuh dan mengganti cairan setelah olahraga atau beraktivitas berat.

Dalam sebuah penelitian Journal of Physiological Anthropology and Applied Human Science, air kelapa dapat mengisi kembali cairan tubuh yang hilang selama berolahraga. Sehingga, Anda tidak akan dehidrasi meskipun melakukan heavy workout.

Seperti dilansir Ehow, air kelapa juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat, bila dikonsumsi secara benar. Minumlah 2 1/2 cangkir air kelapa muda saat sarapan. Menurut penelitian yang dilakukan Food and Chemical Toxicology, hasilnya bisa terlihat setelah minum air kelapa secara rutin selama 45 hari.

Dalam satu cangkir kelapa alami, terkandung sekitar 45 kalori, 11 gram karbohidrat (9 gram gula alami), 70 mg sodium dan hampir 500 mg potasium. Bandingkan dengan air dalam botolan yang tidak mengandung kalori, karbohidrat, sodium atau potasium.Kandungan nutrisi dalam minuman sport bervariasi tergantung merek, tetapi rata-rata mengandung 55 kalori, 14 gram karbohidrat (semuanya dalam bentuk gula tambahan), 105 mg sodium dan hanya 30 gram potasium.

Penelitian tentang manfaat minum air kelapa setelah olahraga memang hanya sedikit. Kebanyakan menyebut bahwa tidak ada perbedaan atau hanya sedikit bedanya antara air kelapa, minuman sport, dan air. Meski begitu sebuah studi mengungkapkan, air kelapa lebih sedikit kemungkinannya menyebabkan mual atau pun sakit perut. Selain itu air kelapa juga lebih mudah dikonsumsi dalam jumlah besar jika dibandingkan dengan air dan minuman sport.

Penelitian menyimpulkan, jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, baik air biasa, air kelapa, atau minuman sport memiliki manfaat yang sama. Namun bagi Anda yang sedang berupaya menurunkan berat badan dan berolahraga selama 60 menit dalam cuaca yang tidak terlalu panas, air biasa adalah pilihan yang paling tepat. Untuk mereka yang melakukan olahraga berat selama lebih dari satu jam atau berada di cuaca panas, meneguk air kelapa atau sport drink dapat membantu meningkatkan perfoma dan menghidrasi tubuh dengan baik. Pertimbangkan pula bahwa air kelapa yang alami mengandung gula lebih sedikit (sebagai bahan bakar otot) dan sodium (untuk pengganti elektrolit) dibandingkan minuman sport.

Selain berfungsi sebagai minuman isotonik, air kelapa juga mengandung kalsium, magnesium dan potassium yang meningkatkan sirkulasi darah. Bukan itu saja, bila Anda punya masalah pencernaan atau susah buang air besar, minum saja air kelapa muda. Di dalamnya terdapat anti kuman dan anti bakteri sehingga bisa melancarkan fungsi sistem pencernaan.

Semoga artikel ini bermanfaat. (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close