Ekonomi Kreatif

 Muba Usulkan BSB  Bantu Program Replanting Sawit Rakyat

Oleh: Noverta

Wartamelayu.com,Palembang – Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) sebagai pemegang saham terbesar kedua setelah Provinsi Sumatera Selatan, mengusulkan kepada manajemen Bank Sumsel Bangka Belitung (BSB) untuk membantu program Resplating  sawit rakyat.

Hal ini diungkapkan oleh Wakil Bupati Musi Banyuasin, Beni Hernedi dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) BSB di Jakabaring Palembang Senin (25/3).

Beni hernedi mengatakan Pemerintah Kabupaten  Muba mengatakan telah  mengusulkan kepada komisaris independen BSB agar dapat fokus perbantuan pada sektor-sektor yang memang dibutuhkan oleh rakyat seperti saat ini banyak kebutuhan kredit usaha rakyat yang mesti kita bantu sehingga langkah ini dapat bertujuan untuk menekan angka kemiskinan di Sumsel

“Kami meminta kepada BSB untuk dapat tingkatkan pelayanan pada kantong-kantong peredaran uang hingga ke tingkat desa agar mempermudah bantuan pengkreditan bagi rakyat untuk di Musi Banyuaisn kami usulkan BSB fokus pada program replanting sawit rakyat,” ujar Beni.

Sementara itu Kepala Cabang Sekayu Bank Sumsel Babel Dede Abdul Halim mengatakan bahwa pihak bank siap melayani dan bekerja sama, apalagi menyangkut kepentingan masyarakat.

“Kami sambut baik usulan dari Pemkab Muba untuk membantu dalam mensukseskan program replanting ini, berupa bantuan meningkatkan pelayanan bagi pengkreditan rakyat,”ujarnya.

Sementara untuk diketahui dari hasil RUPS 2019 kinerja perusahaan BSB tahun 2018 mengalami peningkatan. BSB membagikan Dividen sebesar Rp.164,06 miliar.

Berdasarkan hasil penilaian Kantor Akuntan Publik bahwa Laporan Keuangan Bank Sumsel Babel Tahun Buku 2018 dinyatakan dengan pendapat “Telah menyajikan secara wajar, dalam semua hal yang material”.

Sedangkan untuk penilaian Self Assessment Bank Sumsel Babel pada Tanggal 29 Januari 2019 mengenai tingkat kesehatan bank berdasarkan resiko posisi 31 Desember 2018, BSB memperoleh Peringkat Komposit 2 (PK 2) dengan predikat Sehat.

Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Bank Sumatera Selatan Bangka Belitung (BS), menghasilkan beberapa keputusan luar biasa. Selain ditunjuknya Safari ANS sebagai Komisaris Independen dari Provinsi Bangka Belitung, juga dibangunnya Kantor Koordinator Layanan di Pangkal Pinang.

Sebelumnya juga Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengatakan program peremajaan lahan kelapa sawit atau replanting akan dibantu oleh Pemerintah. Dan ini bukan hanya Kabupaten Musi Banyuasin tetapi di seluruh Indonesia.

Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin sendiri hingga saat ini telah melakukan replanting perkebunan sawit seluas 4.400 hektar.

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close