News

Musim Hujan, 11 Daerah di Sumsel Rawan Banjir dan Longsor

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Sebelas daerah di Sumatera Selatan dinyatakan rawan banjir dan longsor. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, menyebut sebelas titik rawan bencana itu menjadi perhatian menghadapi musim hujan pada tahun ini.

“Ada 11 daerah di Sumatera Selatan yang rawan bencana pada musim hujan,” ujar Kepala BPBD Provinsi Sumatera Selatan, Iriansyah di Palembang, Jumat (15/11).

Ia menjelaskan, bencana banjir diprediksi berada di wilayah hulu Sumatera Selatan. Dia menyebut, titik rawan banjir itu di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), Kabuoaten Musi Rawas (Mura), Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Banyuasin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), dan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI).

“Sementara untuk wilayah dataran tinggi itu rawan berpotensi longsor. Seperti di Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Kabupaten Lahat, dan Kabupaten OKU Selatan,” kata dia.

Dia mengatakan, langkah yang dilakukan untuk mengantisipasi kemungkinan bencana itu, pihaknya pun sudah berkoordinasi dengan pemerintah di kabupaten dan kota, serta instansi terkait guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan tersebut.

“Ya, kita telah melakukan koordinasi dengan pemetaan. Ini juga bisa dilakukan persiapan sejak jauh hari. Mulai dari Sumber Daya Manusia (SDM) hingga peralatan bila terjadi bencana,” tambah Iriansyah.

Bukan itu saja, lanjut dia, langkah antisipasi lainnya adalah mempersiapkan kemungkinan terburuk dampak bencana seperti kekurangan logistik saat bencana alam terjadi. “Musibah itu tidak hanya mengakibatkan kerugian materi, tapi juga dapat menelan korban jiwa. Jadi Badan Ketahanan Pangan juga sudah menyiapkan beras bila terjadi bencana yang menyebabkan gagal panen di daerah-daerah,” ungkap dia.

Sementara itu, Humas Basarnas Palembang, Topan, menambahkan untuk bencana yang akan terjadi di depan mata, seperti banjir dan longsor pihaknya telah mendirikan beberapa pos bencana di beberapa daerah rawan bencana itu.

“Basarnas telah menyiapkan pos bencana dengan dilengkapi alat-alat berat guna menangani banjir dan longsor. Jadi kami siap untuk mengantisipasi bencana itu saat musim hujan,” ujarnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close