Nusantara

Musim Kemarau, Masyarakat Sumsel Diminta Waspadai Diare

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Memasuki musim kemarau, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sumatera Selatan mengimbau masyarakat di wilayahnya agar waspada terhadap penyakit yang rentan muncul, seperti diare.

“Di musim kemarau seperti saat ini bisa menimbulkan berbgai penyakit. Untuk musim kering banyak diare, jadi harus diwaspadai,” ujar Kepala Dinkes Provinsi Sumatera Selatan, Lesty Nurainy di Palembang, Sabtu (7/9).

Baca Juga

Sejumlah Wilayah di Riau Masih Diselimuti Kabut Asap

Kabut Asap Kian Pekat, Jam Belajar Sekolah di Sumsel akan Dimundurkan

Menurut dia, untuk itulah pihaknya berpesan kepada masyarakat agar tetap menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dia juga mengimbau kepada warga supaya banyak minum air putih dan menghindari keluar rumah kalau sedang banyak asap.

Ia juga menambahkan, saat ini sebagian besar udara di wilayah Sumatera Selatan, khususnya di Kota Palembang sedang terpapar asap. “Kalau terpaksa keluar gunakan masker, dan untuk yang risiko tinggi seperti penderita asma harus lebih hati-hati dan kalau terasa ada kelainan segera periksa ke dokter,” kata Lesty.

Ia menuturkan, karenanya itu saat terpapar asap pihaknya membagikan masker kepada penggunan jalan di sejumlah titik, seperti belum lama ini dilakukan di wilayah Kota Palembang.

“Saat Palembang kemarin terpapar asap, kita membagikan ribuan masker penutup saluran pernafasan untuk mencegah Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) akibat terhirup kabut asap,” tutur dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close