Humaniora

Mutiara Berusia 8.000 Tahun Ditemukan di Uni Emirat Arab

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Mutiara berusia 8.000 tahun ditemukan secara tidak sengaja seperti dilansir Melansir dw.com beberapa hari lalu . Mutiara itu ditemukan dalam sebuah penggalian di Pulau Marawah, Uni Emirat Arab. Menurut para arkeolog, temuan itu adalah mutiara tertua di dunia. Penemuan ini menjadi bukti bahwa benda-benda bernilai tinggi telah diperdagangkan sejak zaman Neolitik.

“Lapisan-lapisan dari mana mutiara itu berasal adalah karbon berasal dari 5800-5600 SM, selama periode Neolitik,” kata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata Abu Dhabi.

Para ahli Emirat percaya mutiara diperdagangkan di Mesopotamia kuno dan mungkin dipakai sebagai perhiasan.

Para pneliti Emirat memperkirakan jika mutiara mungkin telah diperdagangkan untuk barang tembikar dan barang-barang lainnya di wilayah Mesopotamia. Dimana jalur perdagangan dari peradaban kuno yang sekarang menjadi bagian dari Suriah, Irak dan Iran.

Selama abad ke-19 dan awal ke-20, perdagangan mutiara adalah faktor utama dalam perekonomian daerah. Namun, sejak penemuan pertanian tiram mutiara di Jepang pada akhir 1920-an, biaya mutiara telah turun secara dramatis. Dikabarkan, penemuan mutiara diPulau Marawah ini akan dipamerkan di Louvre Abu Dhabi berjudul “10.000 Tahun Kemewahan.” (RAP/PS/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close