KhazanahRamadhan Kita

Nikmatnya Celimpungan Khas Palembang untuk Berbuka Puasa

Oleh: M. Sofuan

Wartamelayu.com, Palembang — Ibu kota Sumatera Selatan, yakni Palembang bisa dibilang surganya kuliner. Selama bulan suci ramadhan selain pempek, bermacam kuliner tersedia di kota yang mendapat julukan venesia dari timur ini.

Dari sekian ragam kuliner tersebut, ada satu nama kuliner khas Palembang yang namanya cukup unik yakni celimpungan. Seperti apa nikmatnya menu wajib selama ramadhan ini.

Mirip pempek, namun celimpungan memiliki kuah khusus santan kekuningan dan bawang goreng diatasnya. Menurut cerita warga Palembang nama celimpungan diambil dari kata cemplung saat adonan mirip bakso ikan di masukkan ke panci rebusan.

Menurut Pembuat Kuliner Metriyanti, “Celimpungan ini sangat cocok disantap saat berbuka puasa,karena kandungan karbohidrat dan protein serta rempah-rempah begitu bergizi sehingga membuat bersemangat menjalankan ibadah puasa, bahan dasarnya miirip pempek yakni sagu dan ikan gabus atau tenggiri,” ujarnya.

Bahan yang sudah dihaluskan dengan campuran garam dan bumpu dapur lainnya tersebut, kemudian dibentuk seperti bakso ikan dan langsung direbus hingga mengapung.

Setelah matang harus didinginkan terlebih dahulu sembari menunggu. Kita pun langsung bisa membuat kuahnya yang terdiri dari santan, tumisan rempah-rempah seperti kunyit lengkuas dan bawang serta ikan segar yang sudah digiling adonan ini dicampur menjadi satu lalu diaduk-aduk hingga merata.

“Celimpungan yang sudah didinginkan kembali dicampur ke kuah agar bumbunya meresap. Jangan lupa, celimpungan sebaiknya ditambahkan bawang goreng untuk menambah cita rasa,” kata dia.

Warga komplek Bougenvile Karya baru Palembang ini mengatakan bahwa menu celimpungan selalu menjadi menu favorit keluarganya. Terlebih saat berbuka puasa.

“Setiap hari kami sekeluarga menikmati menu celimpungan. Apalagi selama bulan ramadhan ini,” ujar dia. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close