Politik

PAN Masih Bingung Tentukan Arah Politik

Oleh: Muhajir |

Wartamelayu.com, Jakarta – Wakil Ketua Umum PAN, Viva Yoga Mauladi, tak mau ambil pusing ke mana arah politik partainya lima tahun ke depan. Bagi dia, di dalam maupun di luar pemerintahan sama saja.

“Berada di dalam kekuasaan, atau di luar kekuasaan menurut platform Partai Amanat Nasional (PAN) sama-sama mulianya asal untuk kepentingan masyarakat, bangsa dan negara,” kata Viva di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (16/7).

Kendati demikian, dia mengatakan bahwa sikap resmi PAN akan ditentukan dalam rapat kerja nasional (rakernas) yang akan digelar paling lambat Agustus 2019. Dia menyebut PAN merupakan partai terbuka yang inklusif menyerap semua ide, gagasan, serta aspirasi.

“Jadi itu adalah bagian dari proses pembelajaran politik di masyarakat semuanya, tetapi nanti akan ditentukan di Rakernas PAN,” ujarnya.

Baca Juga

Pertemuan dengan Jokowi Disebut akan Lebih Indah Jika Prabowo Nyatakan Oposisi

Tentukan Nasib Taufik Kurniawan, Bamsoet Undang Fahri Hamzah dan Fadli Zon

Sementara, Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno, mengakui kader partai berlambang matahari putih itu belum satu suara dalam menentukan arah politik ke depannya. Perbedaan itu mengenai keinginan sebagian kader PAN bergabung Jokowi, dan sebagian lainnya ingin jadi oposisi.

“Namanya juga partai politik, bukan hanya di PAN, partai lain juga ada perbedaan pandangan,” kata Eddy di Jakarta, Senin (15/7).

Namun, dia menghargai setiap perbedaan pandangan untuk menentukan arah politik. Menurut dia, perbedaan itu bagian dari proses pendewasaan PAN di dalam berpolitik.

“Jadi enggak apa-apa, si A bisa mengatakan hal yang berbeda dengan si B, tetapi masing-masing itu punya tempat yang sama. Pendapat itu dan pendapat ini kami jadikan bahan untuk kami kaji pada saat kami akan memutuskan arah politik,” ucapnya. (RAP/EPJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close