NusantaraRamadhan Kita

Pantau Arus Mudik, Gubernur Sumsel: Banyak Pemudik Pilih Jalur Darat

Oleh: Rio AP
Wartamelayu.com, Palembang — Menjelang Lebaran Idul Fitri 1440 H, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru menyebut bahwa warga ramai-ramai memilih mudik menggunakan jalur darat. Hal itu disampaikan dia usia meninjau lokasi dan kesiapan angkutan mudik Lebaran Idul Fitri1440 H, Senin (2/6).
Gubernur Sumsel beserta rombongan meninjau memantau arus mudik di Bandara Internasional Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Kemudian dilanjutkan ke terminal bus di Alang-Alang Lebar, selanjutnya ke Pelabuhan Boom Baru, lalu ke Stasiun LRT di RSUD Siti Fatimah dan berakhir di Stasiun Kertapati.
Dari hasil pantauam secara langsung itu, Gubernur Deru mengaku lega karena isu yang berkembang mengenai turunnya lonjakan penumpang di bandara akibat kenaikan harga tiket bukan menjadi penyebab utama.
Karena, kata dia, ternyata warga ramai-ramai memilih mudik menggunakan jalur darat lantaran  infrastruktur yang sangat baik. Sehingga penumpang arus mudik banyak juga yang menggunakan moda transportasi melalui angkutan darat.
“Arus mudik yang melalui jalan darat ada lonjakan yang berlipat-lipat. Ternyata apa yang diisukan tentang kenaikan tarif itu tidak kita temukan, karena tarif atas dan bawah harga yang sudah sangat rasional. Infrastruktur kita membaik jadi moda tranportasi ini menjadi terbagi jadi tidak tertumpu di angkutan udara saja,” ujarnya.
Menurutnya, pemerintah telah memberikan servis terhadap pembangunan infrastruktur dengan sebaik mungkin. Secara rinci peningkatan penumpang dari angkutan darat antar kota antar provinsi maupun antar kota dalam provinsi juga mengalami peningkatan, mengingat pengerjaan permulaan perbaikan infrastruktur di Wilayah Sumsel sudah mulai dirasakan.
“80% paket itu sudah mulai dikerjakan tapi permulaan pengerjaan, belum pada tingkatan.  Baru penutupan lobang-lobang saja,” kata dia.
Dia mengimbau kepada organda untuk meningkatkan pelayanan karena masyarakat sepertinya sudah mulai tertarik lagi naik bus. Selain tiket terjangkau jarak tempuh menjadi cepat.
Kendati pemerintah sudah memberikan kenyamanan dan keaamanan dengan baik, ia juga mengimbau masyarakat agar tetap antisipasi atau tetap menjaga harta benda yang ditinggal maupun yang dibawa terlebih bagi masyarakat yang mudik mengendarai pribadi untuk lebih berhati-hati dan jangan memaksakan kalau mengantuk berhenti lebih baik berhenti.
“Bagi masyarakat Sumsel khusunya  yang sempat merantau dan sekarang mudik, harapan saya jangan membawa orang-orang Sumsel ke daerah perantaunya kalau tidak ada jaminan kerja. Jadi jangan diajak untuk ke kota kalau hanya mencari pekerjaan yang belum jelas,” ujarnya. (RAP)
Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close