Politik

Partai Gelora Dinilai tak Pengaruhi PKS

Oleh: Muhajir

Wartamelayu.com, Jakarta – Direktur Eksekutif Parameter Politik, Adi Prayitno, menilai kehadiran Partai Gelombang Rakyat (Gelora) dalam panggung politik Indonesia tidak akan memengaruhi suara PKS. Meski partai baru tersebut didirikan oleh mantan petinggi PKS, seperti Anis Matta dan Fahri Hamzah.

“Enggak pengaruh apa-apa ke PKS karena PKS tetap solid mendukung Sohibul Iman,” kata Adi di Jakarta, Jumat (8/11).

Adi menguatkan argumentasinya pada perolehan suara PKS pada pemilihan legislatif tahun 2019. Memang, perolehan suara PKS melejit pada Pileg 2019 dengan 11.493.663 atau 8,21 persen suara. Sementara pada Pileg 2014, PKS hanya 6,79 persen atau 8.480.204 suara.

Selain itu, Adi juga mengatakan bahwa ini baru pertama kali mantan pentolan membuat partai baru karena dorongan konflik internal. Apalagi, PKS sebagai salah satu partai yang sama kuat dalam program kaderisasi.

“Baru dalam sejarah, bagi partai yang selama ini mengklaim partai kader,” ujar dia.

Adi menuturkan, pembentukan Partai Gelora menjadi pertarungan luar biasa bagi para pendirinya. Ini mengingat persaingan partai politik di Indonesia sangat ketat dan luar biasa.

Namun jika berbicara soal peluang, kata Adi, Gelora tentu saja memiliki peluang seperti partai lain. Ini karena di Indonesia pendukung fanatik pada partai tertentu sangat rendah.

“Angka (pemilih fanatik) di kisaran 30 persen. Itu artinya, ada 70 persen pemilih yang tidak berafiliasi dengan parpol tertentu. Itu ceruk pemilih yang mesti direbut (Partai) Gelora (Indonesia),” kata Adi.

Dia menilai wajar jika Gelora merekrut politikus kondang untuk memperluas jangkauan. Sebagai partai harus Gelora memang harus mencari tokoh populer berpengaruh dan memiliki basis massa yang kuat.

“Mereka akan merekrut tokoh yang memiliki basis massa yang kuat dan basis massa yang luas,” ujar Adi. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close