Ekonomi Kreatif

Pasar Kuliner Palembang Ditutup Sementara

Oleh: Gusti Tama
Wartamelayu.com, Palembang– Pasar kuliner di Palembang yang dikenal dengan Lorong Basah Night Culinary akan ditutup sementara Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang melalui Dinas Pariwisata Kota Palembang.
Dalam satu tahun terakhir pasar ini sempat menjadi wisata kuliner di malam hari bagi warga kota Palembang.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Palembang Isnaini Madani mengaku, penutupan sementara pasar kuliner ini karena beberap faktor, pertama karena Lorong Basah Night Culinary akan dibuat dengan tampilan dan konsep yang baru, kedua banyak keluhan pedagang maupun pemilik PD Pasar Palembang Djaya terkait biaya operasional.

“Salah satu keluhan pedagang dan pemilik PD Pasar Palembang Djaya adalah tingginya biaya operasional, yang tidak sebanding dengan pemasukan yang didapat para pedagang di sana,” kata Isnaini, Kamis (4/4).

Untuk itulah pihaknya akan melakukan perubahan konsep, agar ke depannya dapat membantu meningkatkan pendapatan pedagang di Lorong Basah Night Culinary, dan juga diharapkan akan ada peningkatan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara nantinya.

“Pasar kuliner Lorong Basah Night Culinary ini rencananya dibuka lagi usai hari raya Idul Fitri 2019 ini,” jelas dia.

Saat ini pihaknya sedang menggodok tampilan dan konsep baru Pasar kuliner Lorong Basah Night Culinary, agar mampu lebih menyedot wisatawan. Salah satu konsep barunya adalah penambahan penjualan pusat oleh-oleh atau buah tangan. “Jadi nanti juga akan ada penjualan souvenir oleh-oleh khas Palembang di sana, selain pusat makanan akan menjadi pusat oleh-oleh Palembang,” katanya lagi.

Pihaknya juga akan memindahkan para pedagang pempek atau kuliner yang saat ini berada di depan JM Pasaraya, ke kawasan Lorong Basah Night Culinary, agar kawasan ini lebih ramai,” kata Isnaini. (NS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close