Humaniora

Paskibraka Putri Sumsel Tetap Pakai Rok

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Wacana dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI bahwa Paskibraka Nasional 2019 putri yang berhijab akan mengenakan celana panjang ramai diperbincangkan belakangan ini. Namun, Paskibraka putri tingkat Sumatera Selatan dipastikan tetap menggunakan rok pada 17 Agustus 2019.

Kabid Pengembangan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Sumatera Selatan, Adi Wahyuono, mengatakan jika Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui pihaknya untuk tahun ini tetap menggunakan rok. Menurut dia, ini menyusul hasil kesepakatan.

“Berdasarkan hasil kesepakan secara nasional 34 provinsi dan Istana masih menggunakan rok untuk Paskibraka putri,” ujar dia di Palembang, Selasa (13/8).

Kendati demikian, kata Adi, untuk berjaga-jaga pihaknya telah menyiapkan dua jenis seragam khusus Paskibraka putri di wilayahnya, yakni rok dan celana.

“Jadi Paskibraka Sumsel sudah siap mau rok atau celana (wanita) sudah dijahit. Selain itu, 17 kabupaten dan kota juga pakai rok sebelum aturan mau diberlakukan, semua provinsi pun pakaiannya sudah pada jadi semuanya,” kata dia.

Ia juga menambahkan, terakhir seleksi dari semua provinsi telah dilakukan pada akhir April lalu, selanjutnya pada 30 April lalu semua anggota Paskibraka tahun ini secara langsung mengukur baju yang akan dipakainya. “Ya, awal Juli lalu, baju Paskibraka sudah selesai pengukuran dan terjahit,” ucap dia.

Sementara itu, koordinator Pelatih Paskibraka Tingkat Provinsi Sumatera Selatan, Kapten Laut (PM) Salam, menjelaskan, pihaknya sejak awal hingga sekarang, sudah maksimal mengarahkan pelaksanaan prosesi kenaikan dan penurunan sang merah putih.

“Kita sudah betul-betul maksimal dan menjadi kebanggaan dari pada Pemerintah Sumatera Selatan. Apalagai para petugas ini sudah diseleksi dari daerah masing-masing sejak satu sampai dua bulan. Semoga sata hari H nanti lancar tanpa ada kendala,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close