Ekonomi Kreatif

Peduli Lingkungan, Manfaatkan Plastik Bekas untuk Hiasan

Oleh : Gusti Tama
Plastik bekas selama ini selalu menjadi masalah bagi banyak orang, biasanya barang ini selalu dibuang begitu saja karena dianggap sudah tidak berguna. Banyaknya sampah plastik ini yang coba dimanfaatkan oleh sebuah hotel berbintang di Palembang.

wartamelayu.com, Palembang–Hotel 1O1 memiliki program unik di tahun 2019 ini, salah satunya memanfaatkan plastik bekas untuk dijadikan hiasan hotel. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir banyaknya sampah plastik tersebar di Palembang umumnya di dunia.

Indonesia termasuk Negara penyumbang sampah plastik ke lautan terbesar kedua di dunia. Sementara, plastik adalah senyawa yang susah diuraikan dan dibutuhkan waktu ribuan tahun untuk menguraikan sampah. Sedangkan, tidak hanya manusia saja yang hidup di bumi ini, namun ada makhluk hidup lain seperti hewan dan tumbuhan.

Berdasarkan data Asosiasi Industri Plastik Indonesia, sampah plastik Indonesia mencapai 62 juta ton/ tahun. Dan 50 persennya sampah plastik tersebut dibuang ke laut. Jika tidak segera ditanggulangi maka sampah ini akan membunuh kehidupan di laut.

“Jadi sebagai manusia kita harus lebih peduli terhadap lingkungan kita. Untuk kegiatan ini sendiri Hotel kami menanam tanaman di botol plastik bekas,” ujar Tia, Marcomm Hotel 1O1 Palembang, Jumat (22/3).

Menurut Tia sebagai salah satu hotel berbintang, tentunya setiap hari banyak sekali sampah dari botol-botol plastik, banyaknya botol plastik yang tidak terpakai lagi, tentunya tidak langsung dibuang dan digunakan sebagai media untuk memperhias Hotel.

“Para staff kami sudah dianjurkan melakukan pengurangan sampah plastik, dan di Hotel 1O1 kami sudah mengajak tamu tidak menggunakan sedotan plastik lagi. Kami ingin mengajak staf, keluarga staf dan tamu hotel kami peduli lingkungan,” ucap dia.

Dikatakan Tia jika semua orang sudah menyadari pentingnya kepedulian terhadap lingkungan, maka semua makhuk hidup yang tinggal di bumi dapat hidup berdampingan dengan bumi yang hijau.

“Tak hanya mengajak karyawan mendaur ulang plastik bekas, pihaknya juga mengajak tamu melakukan banyak kegiatan positif lain lewat program-program yang sudah dikonsep,” jelas Tia.

Dituturkan untuk tahap awal ini, pihak manajemen dan karyawan memang belum banyak melakukan inovasi, tetapi sekarang baru memfokuskan pada pogram penghijauan dengan memanfaatkan botol plastik sebagai pot.
Dan pot-pot dengan kembang hias ini bukan hanya ditanaman pada lingkungan hotel, tetapi juga menjadi penghias di meja dan kamar hotel.

“Nanti banyak inovasi yang akan kami gunakan untuk pemanfaatan barang dari plastik bekas ini,”tutur Tia. (NS)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close