HumanioraNews

Pekan Kebudayaan Nasional Populerkan Olahraga Tradisional

Oleh: Suandri Ansah |

Pekan Kebudayaan Nasional juga akan mempopulerkan permainan tradisional dengan format pertandingan

wartamelayu.com, Jakarta – – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan menyelenggarakan Pekan Kebudayaan Nasional pada Oktober tahun ini. Agenda akan berlangsung di Jakarta.

Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menggambarkan, Pekan Kebudayaan Nasional akan berlangsung seperti Pekan Olahraga Nasional (PON) yang akan diikuti seluruh provinsi di Indonesia.

Tak hanya menampilkan ragam budaya nusantara, Pekan Kebudayaan Nasional juga akan mempopulerkan permainan dan olahraga tradisional dengan format pertandingan, salah satunya Jemparingan.

Jemparingan merupakan olahraga memanah khas kerajaan Mataram. Dulu, olahraga ini dimainkan oleh bangsawan keraton. Hingga kini, Jemparingan masih lestari, baik di Yogyakarta maupun di Surakarta (Solo).

Seperti PON, masing-masing daerah akan mengirimkan kontingennya. Setiap daerah dibebaskan mendaftarkan kontingen sebanyak mungkin. Sementara nanti, proses seleksi dilakukan dari tingkat kabupaten kota.

“Okteber nanti, kita berharap proses seleksi di tingkat kabupaten, kota atau provinsi selesai, lalu puncaknya di Jakarta, kalau lancar semua insyaallah di GBK (Gelora Bung Karno,” katanya di Gedung Stovia, Jakarta Pusat, Kamis (17/1).

Hilmar menjelaskan, Pekan Kebudayaan Nasional rencanannya berformat pameran, peragaan budaya, hingga kompetisi.

“Karena kita kan ga bisa semuanya diadu, misalnya mana yang lebih bagus tarian dari Minang dengan tarian dari Jambi, jadi ya kita ekshibisi saja,” tutur Hilmar.

Hilmar mengatakan, karena ini gelaran besar yang pertama, agenda acara hingga proses seleksi masih dirapatkan pihak kementerian dengan Dinas Kebudayaan daerah.

“Kita berharap agenda ini akan jadi rutin, paling tidak dua tahun sekali,” katanya. Pekan Kebudayaan Nasional merupakan realisasi dari Resolusi Kebudayaan yang lahir dari Kongres Kebudayaan Indonesia pada 5-9 Desember 2018. (Kbb)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close