Lifestyle

Pemburu Kelemahan Google Chrome Diberi Imbalan Rp417 Juta

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Sejak 2010 lalu, Google kerap memberikan imbalan berupa uang bagi orang-orang yang menemukan celah keamanan (bug), di sejumlah aplikasi dan ekosistem Google. Kabar terbaru, pihak Google kini meningkatkan jumlah hadiah bagi para pemburu bug di peramban Chrome.

Bagi mereka yang bisa menemukan bug di peramban Google Chrome misalnya, berpeluang mendapatkan hadiah uang hingga 30.000 dollar AS atau sekitar Rp417 juta, naik dua kali lipat dari sebelumnya yakni 15.000 dollar AS atau setara Rp200 juta).

Sebagai catatan, hadiah tersebut adalah untuk penemu bug Google Chrome yang dianggap sangat krusial. Google menyebutnya dengan high-quality reports.

Nilai hadiah tersebut, merupakan batas atas atau imbalan tertinggi yang bisa didapatkan oleh para pemburu bug di peramban Chrome.

Adapun batas bawah yang ditawarkan Google bagi yang menemukan bug standar, atau yang tidak begitu krusial, adalah 15.000 dollar AS (Rp 200 juta). Jumlah ini naik tiga kali lipat dari sebelumnya, yakni 5.000 dollar AS (Rp 69 juta).

Selain imbalan dalam menemukan bug Chrome, Google juga menawarkan hadiah hingga 150.000 dollar AS bagi mereka yang menemukan celah keamanan yang bisa mengeksploitasi sistem operasi Chrome OS yang berjalan di beberapa perangkat Chromebook dan Chromebox.

Sebagai informasi tambahan, sejak program imbalan ini dijalankan Google, pihaknya telah mengeluarkan dana hingga 5 juta dollar AS untuk orang-orang yang telah menemukan celah keamanan Google.

Hingga saat ini, jumlah celah keamanan yang telah dilaporkan oleh para pemburu bug, sudah mencapai 8.500 bug.

Pada tahun 2010, Google meluncurkan Vulnerability Reward Program (VRP), agar mereka mendapatkan bantuan dari komunitas peneliti keamanan untuk mengidentifikasi dan melaporkan temuan bug di aplikasi dan software-nya.

Program ini bertujuan mendorong para peneliti untuk melaporkan permasalahan pada aplikasi Google, sehingga dapat diperbaiki sebelum dieksploitasi hacker.(RAP/PS/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close