Internasional

Pemimpin Pakistan dan India Didesak tak Meningkatkan Ketegangan

Oleh: Nurcholis

Wartamelayu.com, Washington — Para pemimpin Pakistan dan India didesak Presiden Donald Trump untuk tidak meningkatkan ketegangan atas masalah Jammu dan Kashmir yang telah caplok India, lapor kantor berita Anadolu Agency.

Trump mengatakan hal ini selama pembicaraan telepon dengan Perdana Menteri India Narendra Modi dan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan.
“Berbicara kepada dua teman baik saya, saya ingin mereka berdua bekerja untuk mengurangi ketegangan di Kashmir,” tulis Trump di akun Twitter-nya.

Ketegangan antara Pakistan dan India semakin meningkat menyusul langkah India mencaplok dan mencabut status khusus Jammu dan Kashmir (J&K) yang sebelumnya memungkinkan warganya menetapkan undang-undang mereka sendiri dan mencegah orang asing menetap di wilayah itu.

Para pemimpin dan penduduk Kashmir kesal karena upaya ini adalah upaya India untuk mengubah demografi negara itu.
Wilayah Himalaya yang dikenal subur, sebagian dikendalikan oleh India sementara yang lain oleh Pakistan dan diklaim oleh kedua negara.

Sejak perpisahan mereka pada tahun 1947, kedua negara telah bertempur tiga kali – pada tahun 1948, 1965 dan 1971 – dua dari mereka karena berperang melawan Kashmir. (Rap/ck/INI Metwork)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close