Ekonomi

Pemprov Dorong TPID Fokus Kendalikan Inflasi Sumsel

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayahnya agar terus meningkat dan berupaya menekan terjadinya inflasi. Hal ini disampaikan Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru dalam rapat High Level Meeting Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sumsel di Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Rabu (11/9).

“Sejauh ini, Provinsi Sumsel untuk inflasi tergolong baik dan terkendali, hingga sampai dengan posisi di bulan Agustus 2019 ini sebesar 2,52 persen. Ini lebih rendah dari inflasi porvinsi lain di pulau Sumatera bahkan nasional,” ujar dia.

Menurutnya, upaya menekan terjadinya inflasi, merupakan tanggung jawab daerah dengan kerja sama lembaga terkait. Dan hal tersebut, kata dia, sejauh ini telah dilakukan di Sumsel yang dibuktikan dengan terjadinya pertumbuhan ekonomi yang terbaik di Sumatera.

“Untuk ke depan saya ingin lebih baik lagi. Dan rapat ini merupakan salah satu upaya kita dalam mencapai pertumbuhan ekonomi terbaik dan menekan terjadinya inflasi,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Bank Indonesia Perwakilan Sumsel, Yunita Resmi Sari menjelaskan saat ini Provinsi Sumsel dengan inflasi tekendali dengan sebesar 2,25 persen atau jauh dari inflasi nasional ini sebesar 3,49 persen.

Dia menururkan, jika dibanding dengan provinsi lainnya di Sumatera, posisi Sumsel adalah yang terendah kedua dibawah Aceh yang ada pada posisi 2,08 persen, kemudian Sumsel 2,52 persen. Sedangkan provinsi tengga lainya berada di atas 3 persen seperti Provinsi Lampung, Babel, Jambi, Bengkulu, Sumbar, dan bahkan Sumut.

“Jadi sumut ini yang tertinggi di Sumatera dengan inflasi 6,47 persen,” ujarnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close