Nusantara

Pemprov Sudah Maksimal, Sekda Sumsel: Jangan Saling Menyalahkan

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Kabut asap pekat yang menyelimuti Kota Palembang dalam beberapa hari terakhir menjadi perhatian serius Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Ini disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sumatera Selatan Nasrun Umar di Palembang, Selasa (15/10).

Menurut Nasrun, segala upaya penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan telah dilakukan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, termasuk menurunkan satuan tugas (satgas) khusus untuk menangani kebakaran lahan di wilayahnya.

“Ini adalah bencana, upaya kita sudah maksimal karena itu masyarakat juga kita ajak untuk menyikapi bencana ini dengan hati yang dingin. Jangan saling salahkan agar bencana ini segera dapat diatasi,” ujar dia.

Dia menuturkan, pemerintah setempat pun sudah cukup tanggap dalam mengatasi bencana karhutla, bahkan jauh hari dari prediksi puncak musim kemarau akan terjadi pada Februari 2019, Gubernur Sumsel telah mengeluarkan statement darurat asap dan membentuk satgas khusus sebelum terjadinya musim kemarau.

“Gubernur Sumsel sangat konsen terhadap karhutla dan bencana asap. Dan yang terpenting perbanyak berdoa agar hujan segera turun,” kata dia.

Ia pun mengatakan, Pemprov Sumsel melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) telah membuka sejumlah titik lokasi sebagai tempat singgah bagi warga yang mengalami sesak napas terutama yang akan bepergian terutama di Bandara Sultan Mahmud Badaruddin (SMB) II Palembang. Dia menyebut, tujuannya untuk mengantisipasi apabila ada warga yang berpergian mengalami sesak napas secara mendadak.

“Masyarakat yang tiba-tiba mendadak mengalami sesak napas bisa memanfaatkan posko atau rumah singgah yang telah dibentuk. Di sana ada tabung oksigen dan sejumlah kelengkapan peralatan penanganan pertama untuk masyarakat,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close