Nusantara

Pendakian Enam Gunung di Jatim Ditutup Akibat Karhutla

Oleh: Rizki Daniarto

Wartamelayu.com, Surabaya – Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terjadi di sejumlah bagian gunung yang ada di Jawa Timur. Setidaknya ada enam gunung dari empat gugusan gunung yang pendakiannya sudah ditutup

Ada empat gugusan yang sebagian gunungnya mengalami karhutla. Taman Hutan Rakyat (Tahura) Raden Soerjo (Arjuno dan Welirang), Selingkar Ijen, Selingkar Wilis, dan Bromo-Tengger-Semeru.

Kasi Kedaruratan BPBD Jawa Timur Satriyo Nur Seno menyebutkan, gunung yang sudah ditutup untuk pendakian antara lain Gunung Arjuno dan Welirang, Ijen, Semeru, Kawi, dan Wilis.

“Semeru itu hanya bisa diakses sampai pos tiga. Selebihnya pos empat dan lima dilarang. Gunung Raung saya belum dapat informasi. Tapi sepertinya juga ditutup,” ujarnya, Selasa (22/10).

BPBD Jawa Timur tidak secara langsung merekomendasi penutupan akses pendakian gunung yang mengalami karhutla. Larangan pendakian itu dikeluarkan pengelola.

Kepala Pelaksana BPBD Jawa Timur Suban Wahyudiono menyebutkan, hari ini ada rapat di Mapolda Jawa Timur berkaitan penangangan karhutla. Sejumlah pengelola gugusan gunung sudah menutup pendakian.

“Ada Tahura Raden Soerjo yang sudah menutup jalur pendakian, juga TNBTS dan Ijen. Yang jelas untuk daerah kebakaran sudah dilarang. Bahkan pendaki disuruh turun kalau memang ada,” katanya.

Suban mengatakan, kebijakan pelarangan pendakian memang ada di masing-masing pemangku wilayah. Bagi gunung yang memang aman-aman saja, kata dia, tidak masalah pendakian tetap dibuka. (Rap/Riz/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close