InternasionalNews

Pengiriman Bahan Bakar ke Jalur Gaza Diblokir Israel

Oleh: Nurcholis |

 

Wartamelayu.com, Jakarta — Pengiriman bahan bakar ke Jalur Gaza didorong Israel melalui Karem Shalom, sejak kemarin (25/6), sebagai alasan serangan balon api yang diduga diterbangkan dari wilayah Palestina ke wilayah pendudukan.

Kementerian pertahanan Israel dalam sebuah pernyataan mengatakan pelepasan balon itu menyebabkan kebakaran di sepanjang perbatasan.

Baca Juga

60 ‘Crosser’ Dunia Siap Bertanding di Palembang

Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Diklaim Meningkat

Israel mengatakan, blokade akan dikenakan ‘sampai pemberitahuan lebih lanjut’ karena peluncuran balon api ke Israel, menurut Kementerian Pertahanan Israel dikutip laman haaretz.com.

Israel akan menghentikan pengiriman bahan bakar untuk pembangkit listrik di Jalur Gaza tanpa batas waktu melalui persimpangan Kerem Shalom, menurut Koordinator Kegiatan Pemerintah Daerah di wilayah pendudukan.

COGAT (Badan militer Israel yang menangani urusan sipil Palestina) mengatakan alasannya adalah peluncuran balon api dari Jalur Gaza ke Israel, yang memicu kebakaran di komunitas Israel.

Kerr Shalom adalah satu-satunya gerbang untuk membawa barang-barang dari dunia luar menuju Gaza.

Transmisi bahan bakar ke Gaza diawasi oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan didanai oleh pemerintah Qatar.

Hal ini disepakati pada akhir 2018 sebagai bagian dari perjanjian damai antara penjajah Israel dan pemimpin Hamas.

Namun, rezim Zionis itu terus memberikan sanksi terhadap Gaza selama dekade terakhir.

Serangan balon dan laying-layang api menjadi ‘senjata’ ampuh masyarakat Jalur Gaza yang diblokade Israel sejak bulan Maret 2018.

Israel pernah melaporkan,  lebih dari 1000 kasus kebakaran akibat ‘Layang-Layang Api’ di berbagai tempat, sejak dimulainya Aksi Akbar Kepulangan atau Great Return March akhir Maret 2018.

Akibat serangan laying-layang dan balon api, lebih dari 30 ribu hektar ladang dan lahan pertanian Israel habis dilalap si jago merah, dengan  kerugian materi puluhan juta shekel. (Rap/cak/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close