NewsPolitik

Perolehan Pileg Naik Signifikan, Ini Kata Presiden PKS

Oleh: Muhajir |

Wartamelayu.com, Jakarta – Adanya peningkatan elektabilitas yang signifikan pada PKS saat Pemilu 2019 tanpa ditopang coat tail effect (efek ekor jas), Presiden PKS, Mohamad Sohibul Iman, bersyukur partainya mengalami peningkatan teraebut. Dari hasil rekapitulasi suara oleh KPU, terdapat lima partai yang mengalami peningkatan signifikan yakni PKS, NasDem, PDIP, Gerindra, dan PKB.

“Lah terus PKS karena apa naiknya? Orang bingung duit juga ga punya ko PKS. Ini agak sulit dianalisis. Dan memang PKS selalu menjadi anomali di dalam perpolitikan nasional kita,” kata Sohibul di Jakarta, Ahad (23/6).

Menurutmya, dari lima partai yang mengalami peningkatan suara, tiga di antaranya karena ditopang oleh coat tail effect (efek ekor jas) dari kader-kader atau ketua umum partainya yang mencalonkan diri pada Pilpres 2019. Dia mengatakan, anomali atau keanehan dari kenaikan suara PKS itu karena tidak ada kader yang mencalonkan diri sebagai kandidat Pilpres 2019.

Maka itu, Sohibul menyebut PKS menjadi anomali dalam perpolitikan nasional. Dia mengklaim, pakar-pakar internasional sekalipun belum menemukan faktor penyebab bab peningkatan perolehan suara yang dialami PKS.

“Bahkan juga pakar-pakar internasional masih kesulitan mencari tahu sebab-sebab kenaikan PKS,” kata Sohibul.

Kendati demikian, dia tetap berkeyakinan bahwa anomali tersebut berkat karunia dari Allah SWT. selain itu, tentu tidak lepas dari usaha-usaha yang dilakukan para kader PKS.

“Kenaikan ini, semuanya adalah karunia dari Allah SWT. Meskipun dengan sebab yang multifaktor, yang faktor-faktornya sangat banyak,” kata Sohibul. (RAP/EPJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close