Ekonomi

Perusahaan Ban Pesawat Asal Inggris Berencana Bangun Pabrik di Karawang

Oleh: Suandri Ansah

Wartamelayu.com, Jakarta – Perusahaan pembuat ban di Birmingham, Inggris berencana akan membangun pabrik di Karawang, Jawa Barat. Nilai bisnisnya disebut akan mencapai Rp1 triliun.

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang mengatakan, Dunlop Aircraft Tyres akan menggandeng PT. Rubberman Indonesia sebagai mitra bisnisnya. Kolaborasi kedua perusahaan ini akan membangun pabrik ban pesawat baru dan vulkanisir.

Dunlop mengklaim sebagai satu-satunya pabrikan dan vulkanisir ban pesawat spesialis dunia, untuk roda pendaratan pesawat. Didirikan pada tahun 1910 sebagai bagian dari Dunlop Rubber, perusahaan awal yang didirikan oleh John Boyd Dunlop, dokter hewan Skotlandia, pada tahun 1889.

“Kami menyambut baik dengan adanya rencana investasi retreading dan produksi band pesawat terbang dari Dunlop Aircraft Tyres. Kita ketahui, Dunlop adalah pemain besar, termasuk untuk memproduksi ban pesawat terbang,” kata Agus di Jakarta, Kamis (7/11).

Agus menjelaskan, pada tahap pertama, pabrik ban vulaknisirnya diproyeksi bisa beroperasi dalam waktu 18 bulan ke depan. Setelah itu, mereka membangun fasilitas untuk memproduksi ban yang baru.

Dunlop Aircraft Tyres juga mengoperasikan pabriknya di China untuk dalam merambah pasar Asia Pasifik. Sedangkan, PT. Rubberman Indonesia merupakan industri ban vulkanisir dengan memiliki lebih dari 25 pabrik yang lokasinya tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

“Salah satu nilai plus dari Indonesia, selain punya pasar domestik yang besar, adalah menjadi bagian terpenting di tingkat regional. Kami harapkan, investasi ini bisa menarik perusahaan-perusahaan dari Singapura dan Malaysia untuk melakukan retreading ban di Indonesia,” paparnya. (Rap/*/Dry/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close