FeatureNusantara

Pesona Alquran Raksasa yang Tak Pernah Pudar

 

Oleh: Alwi Alim 

Wartamelayu.com, Palembang — Warna emas memancar disetiap bait huruf arab, dengan cahaya lampu menambah kilauan hingga membuat para pengunjung pun terpukau melihat pesona Alquran raksasa atau Al Akbar. Meski telah berusia hingga puluhan tahun, pesona Alquran Al Akbar ini terus bertahan dan tidak pernah pudar.

Wisatawan yang berkunjung pun terlihat sangat antusias melihat Alquran Al Akbar ini, tak heran beberapa wisatawan pun berfoto untuk mengabadikan momen melihat Alquran Al Akbar yang tersusun rapi di Jalan Mohammad Amin, Gandus, Palembang.

Pengurus Alquran Al Akbar, Palupi Idris mengatakan Alquran raksasa ini dibuat pada tahun 2002 yang lalu digagas salah satu penceramah yang ada di Kota Palembang. Alquran raksasa ini terbuat dari 315 keping dengan 630 halaman. Saat ini, yang dipajang hanya 40 keping. Lantaran, kondisi tempat yang tidak memungkinkan untuk memajang seluruh kepingan Alquran Al Akbar ini.

“Saat ini kami masih tengah melakukan perbaikan untuk memperlebar tempat atau lokasi tempat Alquran Al Akbar ini dipajang,” katanya saat ditemui, Selasa (1/5).

Ia mengaku pembuatan Alquran Raksasa ini menghabiskan dana mencapai Rp 1,2 miliar dengan lama pengerjaan mencapai tujuh tahun. Dibeberkannya, semula Alquran Al Akbar ini dipajang di Masjid Agung Palembang. Namun, pada saat itu kondisinya bagai terbengkalai sehingga harus diambil alih.

Kini, Alquran Al Akbar telah menjadi wisata halal yang ada di Kota Palembang dengan capaian pengunjung sejak tahun 2012 hingga saat ini mencapai 1 juta orang. Sedangkan, sejak awal tahun 2019 hingga saat ini mencapai 40 ribu lebih.

“Kami optimis kunjungan wisatawan akan terus meningkat. Mengingat dengan wisata religi ini masyarakat dapat melihat keagungangan tuhan,” tutupnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close