NewsPilpres 2019

PKS Ingatkan Prabowo Jangan Tergoda Jokowi

Oleh: Rudi Hasan

Wartamelayu.com, Jakarta — Jika Joko Widodo (Jokowi) dan Prabowo Subianto ingin melakukan pertemuan untuk rekonsiliasi, PKS tidak mempermasalahkannya. Namun yang harus jadi catatan yakni komitmen Prabowo sebagai antitesis.

“Elegan ketika dalam pertemuan itu juga, tidak mengajarkan, tetapi kita bisa menyampaikan bahwa kami berbeda pendapat,” kata Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera di Jakarta, (2/7).

Menurut dia, mengutarakan komitmen untuk berada di oposisi bukan hal yang diharamkan. Mardani mencontohkan saat dirinya dan Presiden PKS Sohibul Iman menemui Jokowi di 2015.

Baca Juga

Ini Saran Mardani Ali untuk Kabinet Jokowi

#PrabowoJanganTemuiJokowi Jadi Trending Topik

Saat itu, secara tegas Sohibul menyampaikan konsistensi menjadi oposisi. Tak tergiur masuk ke pemerintahan dan menjadi pihak yang mengawal.

“Pak Jokowi, kami PKS tetap di luar pemerintahan, kami akan kritis dan konstruktif. Kalau bapak benar kami dukung. Kalau salah kami akan koreks,” nah jadi wajar,” ujar Mardani menirukan ucapan Sohibul.

Lebih lanjut, ia mengomentari adanya kasus hukum yang sempat mewarnai pemilihan presiden. Ia berpendapat, dari awal kontestasi politik tak bisa melulu didekati dengan perspektif benar atau salah secara hukum, mengingat hal ini berkaitan dengan status sosial.

Ia menyebut, wajar jika orang mengutarakan pendapat yang agak tajam. Terutama saat berada di iklim kontestasi dengan adrenalin yang tinggi.

“Tetapi, kalau memang niatnya rekonsiliasi segeralah. Itu (masalah hukum) tidak akan selesai kalau hanya pertemuan,” kata dia.

Prabowo juga diminta Mardani mengutamakan rekonsiliasi untuk membicarakan hal itu. Terutama memberi kritik dan saran pada Jokowi agar membenahi aturan terkait tudingan makar.

“Tunjukkan bahwa kebijakannya itu kebijkan yang rekonsiliatif, dengan tidak gampang membuat tuduhan makar, tidak gampang membuat tuduhan kepada tuduhan tertentu,” ungkap dia. (RAP/AIJ/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close