Internasional

PM Spanyol Kunjungi Polisi Korban Aksi Protes di Barcelona

Oleh: Eko P

Wartamelayu.com, Barcelona – Perdana Menteri Spanyol, Pedro Sanchez, mengatakan akan berkunjung ke Barcelona untuk menemui petugas polisi yang terluka akibat aksi protes yang mengguncang kawasan Spanyol, Catalonia pada Senin (21/10).

Sebelumnya, pada hari Ahad (20/10) massa turun ke jalan untuk malam yang ke tujuh setelah Mahkamah Agung Spanyol menjatuhkan vonis hingga 13 tahun penjara kepada sembilan pemimpin separatis Catalonia.

Sanchez juga akan menemui pasukan keamanan di kawasan timur laut, menurut pernyataan kantornya.

Bentrokan antara massa dan aparat kepolisian melukai 288 petugas polisi dan menyebabkan 194 orang ditangkap, kata penjabat Menteri Dalam Negeri Spanyol, Fernando Grande-Marlaska kepada awak media pada Ahad kemarin.

Aksi demonstrasi di Barcelona ini berimbas luas. Seorang jurnalis, Carlos Herrera, mengutuk klub sepakbola Barcelona yang menurutnya berada di dalam pusaran protes besar-besaran di kota Catalunya yang menuntut tokohnya di bebaskan dari penjara.

Menurut laporan BBC, seluruh penduduk Catalunya atau Catalan sebenarnya sudah lama ingin memisahkan diri dari Spanyol melalui jalur referendum 1 Oktober 2017.

Saat itu sekitar 90 persen pemilih menyatakan setuju memisahkan diri dari negara Spanyol dan pemilihnya hanya sekitar 43 persen dari penduduk Catalunya. Hal ini berlanjut pada 27 Oktober 2017, dimana seluruh anggota dari parlemen Catalunya mendeklarasikan kemerdekaan.

Hal ini memicu kemarahan Spanyol dan memecat seluruh para pemimpin Catalan tersebut. Dua tahun kemudian, Mahkamah Agung (MA) Spanyol menjatuhi hukuman kepada mantan wakil pemimpin Catalunya, Oriol Junqueras dan 11 orang lainnya hukuman penjara.

Barcelona menentang keras aksi pemerintah Spanyol atas kebijakan itu. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close