News

Polresta Palembang Berubah Status Jadi Polrestabes

 

Oleh: Rio AP

Wartamelayu.com, Palembang — Status Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palembang akhirnya resmi berubah menjadi Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Palembang, Jumat (8/11). Peningkatan status itu menyusul adanya surat keputusan Kapolri per 2 Okbrober lalu.

Kapolda Sumatera Selatan, Irjen Pol Firli Bahuri, mengatakan peningkatan status itu merupakan jawaban atas tantangan dan tuntutan dari masyarakat akan tingginya harapan akan rasa keamanan. Kemudian, kata dia, peningkatan status itu harus diiringi dengan peningkatan pelayanan, pengayoman, perlindungan, dan jaminan keamanan ke masyarakat.

“Palembang bukan lagi kota seperti beberapa tahun lalu, karena sudah menjadi pusat pemerintahan, perdagangan, dan sejumlah aktivitas internasional. Untuk itu apa yang dibentuk saat ini adalah upaya peningkatan pelayanan kepada masyarakat,” ujar Firli seusai memimpin upacara.

Ia menjelaskan, peningkatan status itu merupakan reward bagi Polresta Palembang, karena menjadi salah satu dari tiga polres di Indonesia yang mendapat predikat sebagai wilayah bebas korupsi.

“Jadi, PR Kapolrestabes sekarang adalah bagaimana meningkatkan status dari wilayah bebas korupsi menjadi wilayah birokrasi bersih melayani dan ini yang kita harapkan,” tambah dia.

Dia menambahkan, selain Polresta Palembang ada beberapa polres lain di wilayahnya yang masih perlu dilakukan penelitian untuk peningkatan status. Ia menilai, seperti Polres Lubuk Linggau, bahkan saat ini ada dua polres baru yang dibentuk, yakni Polres PALI dan Musirawas Utara (Muratara).

“Polres PALI Insya Allah akan diresmikan 12 November nanti, sedangkan untuk Polres Muratara akan diresmikan pada 14 atau 15 November. Semua itu karena Polri memberikan perhatian atas prestasi yang dicapai di jajaran Polda Sumsel,” ucap Firli.

Dikatakannya, jumlah personel tentu akan disesuaikan dan pihanya juga telah memberikan bantuan 17 unit sepeda motor sebagai kendaraan operasional, mobil Raisa (pengurai masa), dan sepekan lalu juga sudah diserahkan lima unit sepeda motor.

“Kepangkatan di Polrestabes masih Komisaris Besar (Kombes) Pol, tapi eselon berbeda yakni 2 b1. Artinya, alumni yang telah melaksanakan tugas di Polrestabes Palembang bisa langsung menjadi jendral,” tuturnya. (RAP)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close