Tekno

Ponsel Tripel Kamera Samsung dan Vivo, Mana yang Akan Merajai Pasar?

Oleh: Anisa Tri K

Wartamelayu.com, Jakarta – Sejumlah produsen smartphone meluncurkan produk terbarunya pada Juli 2019 ini, diantaranya adalah Samsung dan Vivo. Sama-sama menjaring target pasar milenial, kedua raksasa ponsel tersebut memamerkan fitur terbaru, yakni triple kamera untuk pengalaman memotret yang lebih baik. Seperti apa spesifikasi dan keunggulan dua ponsel ini? Berikut ulasannya.

  • Samsung Galaxy A80

Samsung Electronics Indonesia, meluncurkan ponsel Galaxy seri A terbaru, yakni Galaxy A80. Samsung menawarkan rotating triple camera atau modul kamera putar dengan tiga kamera tripel. Ponsel dengan kamera tripel yang bisa berputar ini adalah yang pertama di dunia. Dibanderol seharga Rp9,5 juta, kamera dengan tiga lensa ini dibenamkan di bagian bodi ponsel. Ia akan muncul dan berputar secara otomatis ketika pengguna mengaktifkan kamera.

Modul kamera akan berputar ke depan, jika pengguna hendak mengambil foto selfie. Galaxy A80 dilengkapi dengan 3D Depth Camera yang menawarkan fitur Live Focus Video dengan menambahkan efek bokeh ketika membuat video. Namun bedanya, A80 memiliki fitur Super Steady yang biasanya hanya hadir pada seri S.

Berbicara masalah performa, chipset SoC Snapdragon 730G Mobile Platform menggunakan teknologi AI dua kali lebih cepat saat membuka aplikasi, dan 25 persen lebih cepat untuk graphics rendering saat bermain gim.

Ponsel ini juga ditenagai teknologi baterai pintar sebesar 3.700 mAH yang dilengkapi dengan teknologi pengisi daya cepat 25Watt. Galaxy A80 tersedia dalam tiga warna yaitu Phantom Black, Angel Gold, dan Ghost White.

  • Vivo S1

Tidak ingin lepas dari identitasnya sebagai salah satu smartphone dengan nuansa glossy, bagian punggung Vivo S1, hadir dengan warna gradasi ber nuansa Cosmic Green dan Skyline Blue.

Pemilihan corak warna ini menyesuaikan dengan target pasarnya, yakni para milenial. Tidak ingin kalah dengan pesaingnya Samsung A80, di pojok kiri atas punggung Vivo S1, terpatri tiga kamera belakang. Ketiga kamera Vivo S1 terdiri atas kamera 16 MP, 8 MP super wide angle 120 derajat, dan 2 MP sebagai depth sensor. Kamera belakang Vivo S1 menggunakan sensor Sony IMX 499. Kecerdasan kamera yang disematkan, meliputi AI Super Wide Angle dan AI Portrait Lighting. Sementara kamera depannya beresolusi 32 megapiksel yang ditunjang dengan fitur AI Face Beauty untuk mempercantik hasil jepretan.

Vivo S1 juga memiliki fitur reverse charging untuk mengisi daya perangkat lain. fitur ini memfungsikan ponsel layaknya powerbank. Fitur unggulan lain dari Vivo S1 adalah Screen Touch ID, atau pemindai sidik jari yang terintegrasi di dalam layar. Seri terbaru Vivo S1 mengandalkan chip MediaTek Helio P65. SoC itu dipadu dengan RAM 4 GB dan media internal 128 GB. Baterainya berkapasitas 4.500 mAh yang didukung teknologi dual-engine fast charging 18 watt.

Untuk software, Vivo S1 menjalankan sistem operasi Android 9.0 yang dilapisi antarmuka FunTouch OS 9.0. Untuk harga, Vivo S1 akan dijual dengan harga Rp 3,6 juta di Indonesia. Sesi pre order Vivo S1 di Indonesia dimulai 16-22 juli, dan akan melakukan penjualan perdana di seluruh Indonesia pada 23 Juli.

Seri ponsel pintar mana yang menjadi pilihan Anda? (Rap/*/Dry/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close