Internasional

Populasi Dunia Bakal Mencapai 10 Miliar pada 2050

Oleh: Nurcholis |

 

Wartamelayu.com, Jakarta – Dunia membutuhkan ribuan tahun untuk mencatat populasi global lima miliar pada tahun 1987 dan 32 tahun kemudian, angkanya telah berkembang menjadi hampir delapan miliar orang.

Dalam laporan terbarunya, CNN melaporkan  peningkatan tajam telah melahirkan kekhawatiran para pemimpin di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menciptakan Hari Kependudukan Sedunia pada tahun 1989 untuk meningkatkan kesadaran yang dihasilkan dari kelebihan penduduk. Hari ini dirayakan pada 11 Juli setiap tahun.

Jumlah populasi penduduk bumi saat ini tercatat 7,7 miliar dan pada tahun 2050, jumlah ini diperkirakan meningkat menjadi dua miliar lagi.

“Jika Anda mulai sekarang dan menandai 7,7 miliar detik, Anda tidak akan selesai sampai tahun 2263. Dan pada tahun 2050, dunia diproyeksikan bertambah 2 miliar orang lagi,” tulis CNN.

Menurut Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB), 27 negara atau wilayah populasinya telah menyusut 1 persen atau lebih sejak 2010.

Penurunan ini disebabkan oleh tingkat kesuburan yang  rendah, terutama di negara-negara seperti Cina dan Jepang.

Bahkan tingkat kesuburan global turun dari 3,2 kelahiran per wanita pada 1990 menjadi 2,5 pada 2019 dan diproyeksikan akan semakin menurun.

Namun penyusutan ini dikerdilkan oleh ledakan populasi di wilayah lain. Populasi Afrika sub-Sahara, misalnya, diproyeksikan meningkat dua kali lipat pada tahun 2050.

Namun sembilan negara – India, Nigeria, Pakistan, Republik Demokratik Kongo, Ethiopia, Tanzania, Indonesia, Mesir dan Amerika Serikat – akan mencapai lebih dari setengah proyeksi pertumbuhan populasi global antara sekarang dan 2050, menurut sebuah studi tahun 2018.

Pada tahun 2050, satu dari empat orang yang tinggal di Eropa dan Amerika Utara bisa berusia 65 atau lebih. (Rap/cak/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close