NewsPilpres 2019

Putusan MK Diumumkan Tanggal 27 Juni

Oleh: Ahmad ZR

Wartamelayu.com, Jakarta — Putusan Majelis Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap hasil sidang sengketa gugatan pilpres akan dilaksanakan pada 27 Juni mendatang. Ini disampaikan Juru Bicara MK, Fajar Laksono. Majelis hakim mengaku siap untuk membacakan putusan itu setelah melewati Rapat Permusyawahan Hakim (RPH).

“Itu bukan dimajukan. Tapi memang paling lambat tanggal 28 karena majelis hakim merasa sudah siap dengan putusan dan bersidang tanggal 27,” kata Fajar, Senin (24/6) di Jakarta.

Ia menjelaskan agenda RPH di antaranya membahas perkara, alat bukti, dalil permohonan, dalil sanggahan, keterangan saksi, dan ahli. Menurut dia, majelis akan mengambil putusan berdasarkan fakta dan dinamika di persidangan.

“Sifat dari RPH itu tertutup. Di situlah kemudian hakim konstitusi membahas seluruh perkara dan mengambil keputusan yang akan diucapkan dalam sidang putusan nanti,” ujar Fajar.

Meski demikian, Fajar mengatakan dalam RPH tersebut para hakim akan menyampaikan pendapat dan pandangannya berdasarkan fakta persidangan. Ia menambahkan, tidak menutup kemungkinan para Hakim MK akan memiliki perbedaan pendapat (dissenting opinion) dalam RPH.

“Nah hari ini sampai jam berapa kita sendiri juga tidak bisa mengetahui persis. Apa yang dibahas dan seberapa dalam bergantung pada majelis hakim,” paparnya.

MK telah mengirimkan surat pemberitahuan kepada pemohon, termohon, dan pihak terkait mengenai jadwal putusan yang jatuh pada tanggal 27 Juni. Hal itu dilakukan sebagai mekanisme untuk menyampaikan panggilan sidang.

“Jadi tidak bisa, misalnya, ada keputusan oke, kita akan percepat pengucapan putusan, tiba-tiba langsung bersidang, tidak bisa. Semuanya harus dalam kerangka tata beracara dalam perselisihan hasil Pilpres ini,” kata Fajar. (RAP/AS/INI-Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close