Olahraga

Rata-Rata Klub Liga Inggris Habiskan Rp5,35 Triliun untuk Perrkuat Timnya

Oleh: Eko P

Wartamelayu.com, Jakarta – Berbakal manajemen yang kuat secara finansial, juara Liga Premier Inggris, Manchester City menjadi tim pertama yang menghabiskan lebih dari 1 miliar euro atau sekitar Rp15,5 triliun untuk belanja pemain.

Data tersebut diungkap dari hasil studi CIES Football Observatory yang berbasis di Swiss. Studi itu menunjukkan bahwa City telah menghabiskan sekitar 1,014 miliar euro (sekitar Rp15,7 triliun) untuk membangun skuat mereka saat ini.

Juara Prancis Paris Saint-Germain berada di urutan kedua setelah menghabiskan 913 juta euro (sekitar Rp14,1 triliun) dan Real Madrid berada di urutan ketiga dengan 902 juta euro (sekitar Rp13,9 triliun).

Rivel sekota City, Manchester United memiliki skuat termahal kedua di Liga Premier Inggris dengan 751 juta euro (sekitar Rp11,6 triliun) diikuti oleh pemenang Liga Champions Liverpool dengan 639 juta euro (sekitar Rp9,91 triliun).

Rata-rata klub Liga Premier Inggris menghabiskan 345 juta euro atau sekitar Rp5,35 triliun, menurut studi tersebut yang dilansir Reuters pada Selasa (10/9).

Sedangkan, klub Jerman Paderborn memiliki skuat termurah dengan 4 juta euro (sekitar Rp62 miliar) dibandingkan tim divisi utama di Inggris, Jerman, Italia, Prancis dan Spanyol. (RAP/EP/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close