Ekonomi

Rupiah Menguat hingga Rp13.950 per Dolar AS

Oleh: Andryanto S

Wartamelayu.com, JakartaNilai kurs rupiah menguat hingga mendobrak level psikologis di bawah Rp 14.000 per dolar AS ditopang dua faktor utama. Kedua faktor itu antara lain meredanya perang dagang AS dan China yang ditandai dengan penundaan tarif tambahan, serta pemangkasan suku bunga simpanan oleh Bank Sentra Eropa.

Pada Jumat (13/9) sore, nilai kurs rupiah yang ditransaksikan di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (disingkat JISDOR) menguat hingga level Rp 13.950 per dolar AS, menurut data Bank Indonesia. Penguatan itu tercatat lebih rendah 0,72% dibanding sehari sebelumnya yang berada di level Rp 14.052 per dolar AS.

Kepala Riset Monex Investindo Future Ariston Tjendra mengatakan Presiden AS Donald Trump sepakat untuk menunda kenaikan tarif tambahan pada barang-barang China. “Langkah tersebut meningkatkan harapan untuk meredanya friksi dagang antara dua negara dengan tingkat ekonomi terbesar di dunia,” katanya di Jakarta, Jumat (13/9).

Menurut Ariston, meredanya ketegangan perang dagang AS-China itu telah mendorong minat pelaku pasar terhadap aset-aset di negara berkembang yang akhirnya berdampak pada mata uang.

Perhatian pasar akan tertuju pada pertemuan bank sentral Amerika Serikat, Federal Reserve (Fed) yang diperkirakan akan memangkas suku bunganya. “Keputusan The Fed menjadi perhatian pelaku pasar dalam menentukan arah kebijakan investasinya,” katanya.

Ia mengemukakan Trump kembali meminta Federal Reserve untuk menurunkan suku bunga ke wilayah negatif, sebuah langkah yang biasanya enggan dilakukan oleh bank sentral dunia untuk melawan pertumbuhan ekonomi yang lemah.

Ariston mengemukakan Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada pidatonya di Swiss belum lama ini mengeluarkan beberapa pernyataan yang memberikan indikasi belum akan melakukan pemotongan suku bunga pada bulan September ini.

Selain itu, lanjut dia, Powell juga menyatakan bahwa Federal Reserve memegang komitmen untuk tidak terpengaruh oleh kepentingan politik dalam mengambil setiap keputusan, dan berdasarkan analisa yang dapat dipegang. (Rap/*/Dry/Ant/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close