Nasional

Sah, Jokowi-Ma’ruf Pimpin Indonesia Lima Tahun Mendatang

Oleh: Muhajir

Wartamelayu.com, Jakarta – Joko Widodo (Jokowi) dan Ma’ruf Amin resmi menjadi Presiden dan Wakil Presiden Periode 2019-2024. Keduanya telah dilantik dan diambil sumpah untuk memimpin Indonesia lima tahun ke depan.

Sidang Paripurna MPR dengan agenda tunggal pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI digelar di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta Pusat, pada sore ini. Terlihat Jokowi terlebih dulu mengucapkan sumpah lalu disusul oleh Ma’ruf Amin.

Pengucapan sumpah disaksikan oleh mantan Wakil Presiden, Jusuf Kalla, serta para pimpinan dan anggota MPR. Acara sakral ini juga ditayangkan oleh televisi nasional dan swasta, sehingga masyarakat bisa menyaksikan secara langsung.

“Bismillahirrahmanirrahim. Demi Allah, saya bersumpah akan memenuhi kewajiban Presiden Republik Indonesia dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh Undang-Undang Dasar dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada nusa dan bangsa,” kata Jokowi saat mengucapkan sumpah.

Pelantikan Jokowi-Ma’ruf juga dihadiri para tokoh dan pejabat negara. Beberapa di antaranya ada Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri, dan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Hadir juga beberapa ketua umum partai politik.

Sementara, dari negara sahabat di antara Sultan Brunei Darussalam Sultan Hassanal Bolkiah, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Republik Singapura Lee Hsien Loong, Perdana Menteri Kamboja Hun Sen, hingga Raja Eswatini Raja Mswati III. (RAP/AIJ/INI Network)

Tags

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button
Close
Close